Langka, Korea Utara Serukan Persatuan dengan Korea Selatan

Ketua Delegasi Korea Utara dan Korea Selatan berjabat tangan, 9/1/2018
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Korea Utara mengeluarkan sebuah pengumuman langka yang ditujukan kepada semua warga Korea di dalam dan luar negeri. Negara itu mengatakan bahwa mereka harus melakukan terobosan untuk persatuan, tanpa bantuan dari negara lain.

Kapal Mewah Kim Jong-Un Tertangkap Satelit di Sekitar Kota Wonsan

Lewat media pemerintah, dikatakan bahwa semua warga Korea harus mempromosikan komunikasi, perjalanan, serta kerja sama antara Korea Utara dan Selatan. Pyongyang juga mengatakan akan 'menghancurkan' semua tantangan terhadap penyatuan kembali di Semenanjung Korea.

Dilansir dari Reuters, Kamis, 25 Januari 2018, pengumuman yang dikeluarkan setelah pertemuan gabungan antara pemerintah dan partai politik, menambahkan bahwa Korea harus melakukan dorongan untuk meredakan ketegangan militer, serta menciptakan iklim damai di Semenanjung Korea.

Video Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un Meninggal Beredar di Korea Utara

Ketegangan militer di Semenanjung Korea merupakan 'rintangan mendasar' untuk perbaikan hubungan dan penyatuan antar-Korea. Selain itu disebutkan bahwa latihan militer gabungan dengan 'kekuatan asing', terbukti tidak membantu perkembangan hubungan antara Korut dan Korsel.

Korut tak memberikan rincian mengapa pertemuan tersebut diadakan. Namun, pernyataan tersebut mengatakan pertemuan bertujuan untuk mendukung pidato Kim Jong-un pada perayaan tahun baru beberapa waktu lalu tentang persatuan.

Kim Jong-Un Dikabarkan Meninggal Dunia

Dikatakan, tahun ini sangat berarti bagi Korea Utara karena menandai peringatan 70 tahun berdirinya negara tersebut, dan Korea Selatan yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin bulan depan. (art)

BBC Indonesia

Alasan Korea Utara Ledakkan Kantor Penghubung Korsel

Korut sampai menyebut Korsel 'Anjing Kampung'

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2020