Suriah Tembak Jatuh Jet Tempur Israel

PM Israel, Benyamin Netanyahu.
Sumber :
  • REUTERS/Oded Balilty/Pool

VIVA –  Sebuah jet tempur Israel ditembak jatuh di Suriah. Bagi Israel, ini adalah serangan terbesar setelah serangan tahun 1982.

Tragedi Dunia, Bayi Muhammad Wafat Akibat Perang Horor Rusia

Pesawat tempur jenis F-16 tersebut ditembak setelah melakukan serangan terhadap sasaran-sasaran Iran di Suriah, Sabtu pagi, 10 Februari 2017. Dua pilotnya dikabarkan selamat setelah berhasil melontarkan diri dari pesawat dan mengembangkan parasut mereka. 

Menurut militer Israel, serangan itu dilakukan setelah sebuah pesawat tak berawak milik Iran menyusup ke wilayah Israel. Pesawat tak berawak itu berhasil dicegat. Pihak Suriah mengaku menembak pesawat Israel tersebut karena pesawat melakukan serangan.

Konspirasi Jahat Pangeran Arab ke Rusia Terbongkar, CIA Marah Besar

Sabtu malam, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu segera melakukan pertemuan dengan para pimpinan militer. Dikutip dari BBC, 11 Februari 2018, Netanyahu mengatakan Israel menginginkan perdamaian, namun mereka akan mempertahankan diri terhadap serangan apapun atau usaha apa pun yang dilakukan Iran untuk membangun dirinya melawan Israel di Suriah.

Jenderal Angkatan Darat Senior Israel Tomer Bar mengatakan serangan itu dikategorikan sebagai 'serangan paling signifikan' sejak serangan terakhir dalam Perang Lebanon tahun 1982. 

Biadab, Pesawat Militer Rusia Tembaki Anak-anak Suriah utara

Pemerintah Israel mengatakan, pesawat f-16 itu dijatuhkan saat melakukan misinya setelah sebuah pesawat tak berawak Iran memasuki wilayah Israel. Koresponden BBC di Timur Tengah mengatakan, serangan yang dilakukan Israel di Suriah sangat tidak biasa. "Namun dengan jatuhnya pesawat tempur, itu menandakan eskalasi ketegangan yang serius," ujarnya.


 

VIVA Militer : Tank pasukan Rusia di Suriah menghancurkan markas militan Suriah

Militer Rusia dan Suriah Hancurkan Rumah Sakit Darurat Militan Suriah

Aliansi militer Rusia dan Suriah juga ledakkan gudang senjata di Hama

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2020