Tiga Dugaan Penyebab Jatuhnya Pesawat Saratov

Puing pesawat Saratov Airlines Antonov AN-148 yang meledak usai lepas landas
Sumber :
  • REUTERS/Maxim Shemetov

VIVA – Penyidik Rusia pada saat ini tengah menyelidiki soal kecelakaan pesawat Saratov Airlines Antonov AN-148 yang jatuh dan meledak hingga menyebabkan seluruh penumpangnya tewas yaitu 71 orang pada Minggu, 11 Februari 2018.

Cuaca Buruk Dua Kapal Tim SAR Sriwijaya Air SJ 182 Berbenturan

Saat ini tim sedang mengumpulkan data dan keterangan serta rekaman pesawat yang jatuh tak jauh dari Kota Moskow, Rusia itu. Mereka menduga ada beberapa faktor yang mungkin antara lain cuaca buruk, kelalaian manusia hingga kerusakan teknis.

Dikutip laman BBC, Senin 12 Februari 2018, Rusia meminggirkan soal potensi serangan teroris. Diketahui bahwa pesawat jenis Antonov An-148 itu menuju Orsk dari Moskow dan sedang berada di atas pegunungan Ural.

Data FDR Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Berhasil Diunduh

Pesawat itu kemudian jatuh dan meledak di desa Argunovo, 80 Kilometer atau 50 mil dari Kota Moskow. Puing-puing dan bagian pesawat hancur ditemukan tersebar di area tersebut. Akibat susahnya medan lokasi kecelakaan, tim satuan penyelamat dilaporkan harus menghadapi kesulitan dan baru bisa menjangkau dengan berjalan kaki akibat terpencilnya lokasi itu.

Juru bicara Tim Investigasi Kecelakaan, Svetlana Petrenko mengatakan, untuk melakukan pencarian di seluruh area memerlukan waktu paling cepat satu hari. Pada saat kecelakaan, pesawat tak melakukan panggilan darurat dan bahaya. Salah satu piranti rekaman di pesawat disebut sudah ditemukan.

KNKT Duga Sriwijaya Air SJ182 Hancur Akibat Membentur Permukaan Laut

Presiden Rusia Vladimir Putin sudah menyampaikan simpati dan rasa duka atas terjadinya kecelakaan dan jatuhnya korban tewas. Kecelakaan ini adalah kecelakaan pesawat komersial yang pertama di Rusia dalam setahun terakhir sejak tahun 2017. (ase)

Pilot Sriwijaya SJ182 yang jatuh pada Sabtu, 9 Januari 2021, Kapten Afwan.

Video Kapten Afwan Traktir Kru Bandara Sebelum Sriwijaya Air Jatuh

Pilot Sriwijaya Air banyak didoakan Warganet karena dermawan kepada semua kru bandara. Afwan juga dikenal agamis.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2021