Logo BBC

Kisah Tentara Bayaran Rusia yang Tewas di Suriah

Yevgeny Alikov, Nina Atyusheva
Yevgeny Alikov, Nina Atyusheva
Sumber :
  • bbc

Kematian sejumlah petempur asal Rusia di Suriah pada 7 Februari lalu mengungkap aksi kelompok tentara bayaran di negara Timur Tengah tersebut. Beberapa laporan menyebutkan lebih dari 100 warga Rusia tewas dalam satu pertempuran, namun secara resmi dinyatakan "puluhan" warga Rusia tewas atau cedera.

BBC Rusia menyelidiki bagaimana tentara bayaran asal Rusia tewas di Suriah dan di mana tepatnya.

Pada September lalu, Nina Atyusheva menerima sebuah panggilan telepon yang memberitahu bahwa putranya, Yevgeny Alikov, telah tewas di Suriah.

Sepekan kemudian, seorang pria tiba di rumah Nina yang terletak di kota kecil Severoonezhsk.

Dia sengaja berkendara sejauh 2.100 kilometer ke bagian utara Rusia demi membawa peti mati berisi jenazah Yevgeny yang Nina panggil dengan sebutan "bocah cilik".

Bersama peti mati, pria itu juga membawa uang jaminan kematian sebanyak lima juta rubel (Rp1,2 miliar). Tumpukan uang pecahan 5.000 rubel itu dia letakkan di meja dapur.

BBC berupaya menghubungi pria tersebut, namun siapapun yang menerima panggilan telepon mengaku orang lain dan tidak tahu-menahu soal petempur Rusia di Suriah.

Tidak banyak yang terjadi di kota Severoonezhsk, kawasan Arkhangelsk, bagian utara Rusia. Kota itu begitu terpencil dan satu-satunya penanda yang menonjol adalah blok apartemen setinggi lima lantai di bantaran Sungai Onega.