Gara-gara Selfie, Pria Ini Picu Ketegangan AS dan China

Patung Prajurit Terakota yang dipajang di Liverpool, Inggris. Salah satu patung ini kehilangan jempolnya, Selasa (6/2/2018)
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Yates

VIVA – Pemerintah China marah besar usai menemukan jempol prajurit Terakota yang telah berusia 2.000 tahun, ternyata hilang saat dipajang di Intitut Franklin Philadelphia, Amerika Serikat.

UNESCO Tetapkan Kota Tua Jericho Sebagai Situs Warisan Dunia di Palestina

Mengutip dari laporan nbcnews.com, Kamis 22 Februari 2018, kerusakan patung prajurit yang memiliki nilai lebih dari 4,5 juta dolar itu adalah kejadian pertama, setelah lebih dari empat dekade dipamerkan di luar China.

"Kami minta Amerika menghukum berat pelaku pencurian dan perusakan harta budaya berharga manusia ini," ujar seorang pejabat China.

Geopark Merangin Jambi Ditetapkan Sebagai Warisan Dunia UNESCO

Dilaporkan nbcnews.com, sesungguhnya pelaku pencurian jempol itu telah ditemukan. Kejadian itu bermula dari ulah seorang laki-laki bernama Michael Rohana (24).

Kejadian itu terjadi pada 21 Desember 2017 lalu, dan baru diketahui hilang pada 8 Januari 2018. Kepolisian pun langsung melakukan pencarian.

Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto, Warisan Dunia UNESCO Kebakaran

Patung Prajurit Terakota milik China yang kehilangan jempolnya.

FOTO: Patung Prajurit Terakota milik China yang kehilangan jempolnya saat dipamerkan di Liverpool, Inggris/REUTERS/Andrew Yates

Rupanya, saat terjadi. Michael memang memasuki arena pameran museum diam-diam, dan hendak mengambil swafoto. Namun, nahas saat berfoto selfie dengan salah satu patung prajurit Terakota, jempol prajuritnya malah patah. Ia pun menyimpan jempol itu. Sampai akhirnya polisi menciduknya.

Namun, siapa kira, China begitu marah besar. Patung yang berasal dari tahun 210 sebelum masehi itu, bagi China memang lebih dari segalanya.

Sejauh ini, pelaku perusakan patung Terakota telah menjalani pemeriksaan. Ia pun disebutkan telah bebas, karena membayar sejumlah jaminan. Sementara itu, China dan AS sedang kalang kabut berupaya menyambung kembali jempol sang prajurit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya