Logo BBC

Arab Saudi Siapkan Rp875 Triliun Kembangkan Sektor Hiburan

Arab Saudi, Riyadh
Arab Saudi, Riyadh
Sumber :
  • bbc

Arab Saudi mengumumkan dana puluhan miliar dolar untuk mengembangkan sektor hiburan, yang sampai beberapa waktu lalu tidak terbayangkan terjadi di sana.

Di bawah kepemimpinan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, kerajaan yang dikenal ultrakonservatif ini menempuh reformasi sosial dan ekonomi.

Dalam konferensi pers yang megah di Riyadh, Kamis (22/02), Kepala Otoritas Hiburan Umum, Ahmad bin Aqeel al-Khatib, menjelaskan kepada para wartawan rencana investasi US$64 miliar atau Rp875 triliun untuk sektor hiburan dalam satu dekade mendatang.

"Kami sudah membangun prasarana," kata Khatib seraya menambahkan bahwa peresmian pembangunan sebuah gedung pertunjukan sudah dilakukan.

"Insya Allah, Anda akan melihat perubahan nyata pada tahun 2020."

Sekitar 5.000 pertunjukan sudah pula direncanakan untuk tahun-tahun mendatang, jelasnya, sementara di latar belakang sebuah layar lebar memperlihatkan nama-nama terkenal di pangung hiburan internasional, seperti Maroon 5, Andrea Bocelli, dan Cirque du Soleil.

Namun tidak ada rincian tentang alokasi penggunaan dana ratusan triliun itu maupun tanggal pertunjukan dari nama-nama yang dipajang saat konferensi pers.