Logo BBC

Presiden China Xi Jinping Berpotensi Perpanjang Jabatan

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping
Sumber :
  • bbc

Ribuan anggota Kongres Rakyat Cina bertepuk tangan meriah mengungkapkan dukungan atas usulan yang membuat Presiden Xi Jinping bisa memimpin lebih dari dua masa jabatan.

Usulan pencabutan pembatasan dua jabatan masa presiden itu disampaikan oleh Partai Komunis Cina atau PKC, satu-satunya partai di Cina, bulan pekan lalu dan diperkirakan sidang Kongres Rakyat Cina -yang dibuka Senin (05/03) di Balai Rakyat di Beijing- tinggal mengesahkan saja.

Dengan demikian, Xi akan menjadi pemimpin Cina yang paling berpengaruh sejak Mao Zedong, yang dengan mengumpulkan kekuasaan militer, ekonomi, dan pemerintahan dalam satu tangan.

Walau secara resmi usulan tersebut baru akan disahkan pada Minggu 11 Maret mendatang, hampir dipastikan tidak akan menghadapi hambatan mengingat Kongres Rakyat Cina biasanya lebih merupakan `forum pengesahan` dari rancangan yang sudah disiapkan PKC.

Pembahasan tentang pencabutan masa jabatan presiden membuat Kongres Rakyat Cina kali ini menjadi agak berbeda dibanding yang sebelumnya, seperti dijelaskan oleh Suargana Pringganu, Kepala Bidang Politik KBRI di Beijing.

"Jadi ini memang agak spesial karena ada pengajuan rancangan untuk pencabutan masa jabatan presiden yang dua kali, dan juga merupakan poin penting bagi politik dalam negeri Tiongkok", jelas Suargana kepada wartawan BBC, Liston P Siregar, lewat percakapan telepon.

_____________________________________________________________________