Dubes Rusdi Mau Bangun Kawasan Industri di Entikong

Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dinia Adrianjara

VIVA – Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana mengusulkan pembangunan kawasan industri di perbatasan Indonesia dengan Malaysia, tepatnya di Entikong. 

Strategisnya Makogabwilhan I, Krisis di Perbatasan Cepat Ditangani

"Setiap saya ke ladang di Sabah, Sarawak maupun Peninsula, umumnya mereka kekurangan tenaga kerja. Kami usul bagaimana perbatasan kita, misal Entikong, kita bangun kawasan industri," kata Dubes Rusdi di Miri, Sarawak, Malaysia, Jumat, 16 Maret 2018. 

Dengan adanya kawasan industri, Rusdi mengatakan,  nantinya para pengusaha maupun pebisnis Malaysia bisa bersama-sama membangun industri di sana. Selain itu, pekerja Indonesia pun tak perlu bekerja secara ilegal.

RI Gencar Jadikan Malaysia Pasar Produk-produk Hasil Desa

Saat ini, Rusdi menuturkan telah mengantongi uang untuk membangun sekolah vokasional atau kejuruan. Nantinya anak-anak TKI pekerja perkebunan kelapa sawit yang sudah menyelesaikan pendidikan SD dan SMP, bisa langsung mempelajari keterampilan di sekolah kejuruan tersebut. 

"Kami harap pengusaha Malaysia investasi saja di sana. Memberi manfaat untuk Malaysia juga Indonesia," ujar pemilik Lion Group tersebut.

Soal Moratorium TKI, Rusdi Kirana Sentil Dubes Malaysia

Dia menambahkan, "Kita dua negara kalau kerja sama dengan baik, tanpa kompetisi mana yang lebih tinggi, kalau kita enggak berpikir ke sana, kita akan jadi kooperasi yang baik."  

Sebagai negara bertetangga, Rusdi berharap, kedua negara tidak saja menjadi market satu dengan yang lainnya. Melainkan juga berusaha berkolaborasi menuju pasar bersama, menarik negara ketiga untuk terlibat dalam perdagangan, investasi, hingga sektor pariwisata.
 

Jokowi jajal jalan perbatasan Indonesia-Malaysia dengan motor customnya

Jokowi Jajal Jalur Perbatasan RI-Malaysia dengan Moge

Jokowi menjelajahi jalur perbatasan Nunukan dengan Sarawak.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2019