Drone Penyemprot Gas Israel Tunggang Langgangkan Pendemo

Persimpangan Erez, Jalur Gaza.
Sumber :
  • Reuters/Amir Cohen

VIVA – Pasukan pendudukan Israel menggunakan pesawat tak berawak atau drone untuk menjatuhkan gas air mata kepada orang-orang Palestina di Gaza untuk pertama kalinya pekan lalu.

Mengapa Kita Harus Jeli Menyikapi Berita Boikot? Ini Alasannya

Sekitar 200 warga Gaza tengah berkumpul di pagar area perbatasan dengan Israel sebagai bagian dari demonstrasi ‘demo’ melawan blokade ketika sebuah drone mendekati lokasi kejadian.

Berdasarkan rekaman dari kantor berita Lebanon, Al Mayadeen, pesawat tak berawak itu menjatuhkan gas air mata pada demonstran yang kemudian menyebabkan massa lari berhamburan dari tempat kejadian.

Ramadhan Konflik di Gaza Belum Reda, Palestina Ucapkan Terima Kasih Indonesia Terus Bantu

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan setidaknya dua orang terluka dalam insiden tersebut selain delapan warga Gaza lainnya yang terluka oleh tembakan pasukan Israel selama demonstrasi di daerah pantai.

Menurut sumber militer sebagaimana dilansir dari Middle East Monitor, penggunaan pesawat tak berawak untuk menembakkan gas air mata masih bersifat percobaan dan belum beroperasi secara total.

7 Tokoh Yahudi Ini Ternyata Bela Palestina Ketimbang Israel

Di Gaza telah terjadi beberapa bentrokan sejak pengumuman oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Bulan lalu, dua remaja Palestina terbunuh setelah ditembak di dekat pagar perbatasan.

Selain itu, wilayah ini juga menghadapi keadaan darurat kemanusiaan yang terus meningkat selama berbulan-bulan termasuk adanya krisis energi, air dan kesehatan. Diperkirakan lebih dari 1.000 warga Palestina telah meninggal dunia akibat pengepungan Israel.

Serangan di Gaza Palestina

Jelang Idul Fitri, Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Kejahatan Israel di Gaza merupakan genosida dan merupakan pelanggaran serius, menghancurkan semua nilai kemanusiaan, kata serikat pekerja tersebut dalam sebuah pernyataan

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024