Logo BBC

Seberapa Kaya Presiden Rusia Vladimir Putin

Vladimir Putin
Vladimir Putin
Sumber :
  • bbc

Vladimir Putin bakal menjadi presiden Rusia sampai 2024 mendatang setelah memenangi pemilihan umum pada Minggu (18/3). Namun, banyak yang belum diketahui soal sosoknya.

Sebagai eksperimen, kami mengetik pertanyaan soal Putin di Google untuk melihat pencarian macam apa yang diusulkan secara otomatis. Kami lalu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan memverifikasi beragam data.

Sejauh yang kami tahu Putin tak lagi berstatus menikah setelah bercerai pada Juni 2013 dengan Lyudmilla, perempuan yang dia nikahi selama 30 tahun. Mereka jarang terlihat di depan umum beberapa bulan setelah pengumuman perceraian.

Ada rumor yang beredar bahwa Putin tengah menjalin hubungan asmara dengan mantan pesenam ritmik yang kini menjadi politikus, Alina Kabaeva. Namun tiada indikasi bahwa rumor ini terbukti benar.

Putin tidak bertangan kidal, kecuali ada yang berubah sejak Januari lalu—ketika foto ini diabadikan.

Gaji resmi Putin setara dengan Rp1,5 miliar per tahun, menurut informasi yang disampaikan Komisi Pusat Pemilihan Umum Rusia Federal sebelum pilpres berlangsung.

Namun, dua tahun lalu, seorang pejabat Departemen Keuangan Amerika Serikat bahwa Putin "korup" dan diketahui menyembunyikan kekayaannya selama "bertahun-tahun".