Logo BBC

Mantan Ibu Negara AS Tolak Perawatan Rumah Sakit

Barbara dan George HW Bush sudah menjalani pernikahan selama 73 tahun.
Barbara dan George HW Bush sudah menjalani pernikahan selama 73 tahun.
Sumber :
  • bbc

Mantan Ibu Negara AS Barbara Bush, yang sakit terkait usianya yang sepuh, telah menolak perawatan kesehatan lebih lanjut dan memilih untuk menjalani sisa-sisa hidupnya dalam "perawatan yang nyaman" bersama keluarganya.

Sebelumnya, Barbara Bush, 92, harus bolak-balik ke rumah sakit, sebagaimana disebut dalam sebuah pernyataan dari kantor suaminya, mantan presiden George HW Bush.

Barbara Bush memainkan peran aktif saat menjadi Ibu Negara (1989-1993), antara lain mempelopori upaya memberantas buta huruf di kalangan orang dewasa.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan kantor George HW Bush dikatakan, "Tidak akan mengejutkan orang-orang yang mengenalnya, bahwa Barbara Bush begitu tegar bagai batu karang dalam menghadapi masalah kesehatannya. Ia tidak mengkhawatirkan kesehatan dirinya sendiri -berkat imannya yang teguh- tetapi lebih mempedulikan orang lain."

Ditambahkan, "Dia didampingi para anggota keluarga yang ia kasihi, dan sangat menghargai begitu banyak pesan dukungan dan terutama doa-doa yang dipanjatkan baginya."

Pernyataan itu tidak mengungkapkan apa penyakit yang diderita Barbara Bush dan bagaimana persisnya keadaannya.

Barbara Bush adalah satu-satunya perempuan yang mengikuti pelantikan baik suaminya maupun anaknya, sebagai presiden AS.