Dewan Keamanan PBB Sebut Teroris Surabaya Keji dan Pengecut

Para pemimpin dunia dalam pengambilan suara di Dewan Keamanan PBB.
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa mengutuk serangan teroris yang keji dan pengecut terhadap gereja-gereja dan kantor polisi di Surabaya.

On This Day: Teror Bom Surabaya Bikin Persebaya Geram

Serangan yang terjadi pada 13 dan 14 Mei tersebut mengakibatkan belasan orang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

"Anggota Dewan Keamanan menyatakan simpati dan belasungkawa terdalam kepada keluarga korban dan pemerintah Indonesia. DK PBB berharap pemulihan yang cepat dan penuh bagi mereka yang terluka," demikian pernyataan DK PBB lewat laman resminya, dikutip Selasa 15 Mei 2018

VIDEO: Korban Cacat akibat Bom Surabaya Tak Rela Eks ISIS Dipulangkan

"DK PBB menegaskan kembali bahwa terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya merupakan ancaman paling serius bagi perdamaian dan keamanan internasional," tulis pernyataan tersebut.

Olah TKP ledakan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur

Polri Pamer Labfor Surabaya, Kasus Vanessa hingga Bom Diungkap di Situ

Satu dari enam badan utama PBB itu menggarisbawahi bahwa perlu untuk menahan pelaku, penyelenggara, pemberi dana dan sponsor dari semua tindakan terorisme. Kejahatan itu juga perlu dipertanggungjawabkan dan dibawa ke pengadilan.

"Kami mendesak semua negara, sesuai dengan kewajiban mereka di bawah hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan yang relevan, untuk bekerja sama secara aktif dengan pemerintah Indonesia dan otoritas terkait dalam hal ini," tegas DK PBB.

Pernyataan itu juga menambahkan bahwa semua tindakan terorisme adalah kriminal dan tidak dapat dibenarkan, terlepas dari apapun motivasi, di mana saja, kapan saja dan oleh siapa pun yang berkomitmen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya