Logo BBC

Pernikahan Harry-Meghan Berdampak bagi Perekonomian Inggris

Cendera mata seharga sekitar Rp40.000 sampai Rp200.000 banyak dibeli warga Inggris dan wisatawan dari berbagai negara. - BBC
Cendera mata seharga sekitar Rp40.000 sampai Rp200.000 banyak dibeli warga Inggris dan wisatawan dari berbagai negara. - BBC
Sumber :
  • bbc

Pernikahan anggota keluarga kerajaan di Inggris tidak terlepas dari peluang bisnis, dengan produksi mangkuk, kaus, maupun cendera mata, maupun dikembangkan menjadi berita yang bisa dijual media.

Dan sejumlah pihak di Inggris memandang pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle memang akan menaikkan kegiatan bisnis mereka.

"Orang selalu menanyakan. Sudah sebulan ini banyak pembeli menanyakannya. Kami menginginkan gelas dan Harry dan Meghan. Barang-barang seperti itu. Tetapi saat itu masih belum ada di pasar. Karena itulah sekarang kami punya stok," kata Zaman pedagang toko Money Exchange di pusat kota London.

"Orang menanyakannya. Membeli semuanya. Penjualan meningkat. Besar bedanya. Naik 10-15%. Dan akan meningkat mendekati tanggal 19 Mei."

Barang-barang souvenir yang setara dengan puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah tersebut banyak dibeli warga Inggris dan juga wisatawan dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia.

Sejumlah orang dari Indonesia dilaporkan juga akan mendatangi Inggris, khususnya ke tempat pernikahan di Windsor -sekitar 45km dari London- untuk melihat pernikahan pewaris takhta keenam kerajaan Inggris ini dengan aktris asal Amerika Serikat.


Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan akan berlangsung di Windsor, sekitar 45km di sebelah barat London. - BBC