Logo BBC

Penjara Tanpa Sipir yang Dilengkapi 'Kamar Intim'

Tatiane Correia de Lima baru saja dipindahkan dari lembaga pemasyarakatan biasa. - Gustavo Oliveira
Tatiane Correia de Lima baru saja dipindahkan dari lembaga pemasyarakatan biasa. - Gustavo Oliveira
Sumber :
  • bbc

Penjara pada umumnya penuh dengan petugas sipir yang berjaga dan dilengkapi senjata, tetapi penjara di sebuah kota di Brasil ini berbeda sama sekali: tanpa satu pun penjaga. Bagaimana penanganan para napinya?

Perempuan bernama Tatiane Correia de Lima itu tidak mengenali dirinya sendiri ketika pertama kali menghuni sel barunya.

"Aneh rasanya bisa melihat diri saya lagi di cermin," tutur ibu dua anak berusia 26 tahun yang menjalani hukuman 12 tahun di Brasil. "Awalnya saya tidak tahu siapa saya."

Negara di benua Amerika Selatan itu memiliki jumlah penjara terbesar keempat di dunia dan penjara-penjara tersebut seringkali menjadi sorotan karena kondisinya yang buruk, kelebihan napi dan kekerasan antar geng yang menyulut kerusuhan yang banyak menewaskan penjaga maupun napi.

Lima baru saja dipindahkan dari lembaga pemasyarakatan biasa ke sebuah fasilitas yang dikelola oleh Asosiasi Perlindungan dan Bantuan untuk Narapidana (Apac) di kota Itaúna, di negara bagian Minas Gerais.

Tidak seperti penjara-penjara yang pada umumnya, "menghilangkan unsur kewanitaan Anda" seperti yang dikatakan Lima, di penjara Apac ia diizinkan untuk mengenakan pakaiannya sendiri dan memiliki cermin, merias diri dan mewarnai rambut.

Namun perbedaan aturan di sana dengan di penjara lain jauh lebih dalam lagi .