Indonesia dan Australia Lacak Pembiayaan Kelompok Teroris

Tim Densus 88 memasukkan kardus yang diduga berisi peledak
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, menjamu Duta Besar Australia Gary Quinlan di Jakarta, Senin 4 Juni 2018. Dalam kesempatan itu, Pemerintah Indonesia dan Australia sepakat secara bersama-sama untuk menanggulangi aksi terorisme.

Detik-detik KKB Komplotan Keni Tipagai Serang Polsek Homeyo Intan Jaya yang Tewaskan Warga Sipil

Tidak hanya aksi teror di Indonesia, dalam kesempatan ini, Wiranto dan Gary Quinlan juga membahas terkait aksi terorisme yang belakangan juga marak di sejumlah negara.

"Dari apa yang telah kami sepakati dengan pihak Australia, misalnya melanjutkan pertemuan tingkat menteri, bagaimana kami bersama-sama melawan terorisme," kata Wiranto di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin 4 Juni 2018.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Menurut Wiranto, pertemuan itu juga sebagai tindak lanjut dari yang sebelumnya telah dilakukan dalam forum 'Meeting on Fighting Terorist Fighters’ yang digelar di Manado beberapa waktu lalu. Enam negara termasuk Australia ikut membahas konflik yang terjadi di Marawi, Filipina Selatan.

"Juga bagaimana kami melakukan penyekatan terhadap pembiayaan terorisme," ujarnya.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Selain soal terorisme, Wiranto menyatakan kerja sama dengan Australia akan dibangun dalam sektor informasi atau siber. Unit badan siber dan sandi negara yang baru saja dibentuk, perlu adanya berbagi pengalaman dengan negara yang lebih dulu cakap menanganinya.

"Kami butuh kerja sama untuk segera bisa melakukan akselerasi kemampuan siber untuk bisa mengimbangi dinamika kemajuan siber di lingkungan regional maupun global yang sangat cepat," ujarnya.

Ilustrasi bom.

Ngeri, Slovakia Terima 1.100 Ancaman Bom dalam Sehari

Sekolah dan institusi Slovakia termasuk bank-bank di negara itu menerima lebih dari 1.100 ancaman bom.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024