Logo BBC

Menteri Jerman: Pemakaian Burkini di Sekolah Harus Diizinkan

Menteri Jerman mengatakan burkini bisa mempererat hubungan antar Muslimah di lingkungannya. - Getty Images
Menteri Jerman mengatakan burkini bisa mempererat hubungan antar Muslimah di lingkungannya. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Viva - Menteri urusan keluarga Jerman membela pemakaian burkini di sekolah-sekolah, dengan alasan pakaian renang tersebut bisa membantu kaum Muslimah untuk berintegrasi.

Awal bulan ini, dikutip dari BBC, muncul perdebatan setelah sebuah sekolah di bagian barat Jerman mengizinkan pemakaian burkini kepada para siswi, yang tidak bersedia mengikuti kelas berenang kalau tidak mengenakannya.

Burkini atau pakaian renang Muslimah memang telah menjadi topik kontroversial di seluruh benua Eropa.

Pekan lalu, kota Cannes di Prancis diperintahkan untuk membayarkan kembali denda yang dikenakan kepada seorang perempuan yang mengenakan burkini.

Masalah ini bermula ketika sebuah sekolah di negara bagian Nord Rhine-Westphalen (NRW) membeli 20 setel burkini -yang dibayar dengan sumbangan pribadi- untuk digunakan oleh para siswi.

Sebanyak 15 siswi yang biasanya menolak mengikuti pelajaran renang akhirnya bisa ikut serta berkat burkini, yang menutupi seluruh bagian tubuh kecuali wajah, tangan dan kaki.

Keputusan sekolah yang menyediakan burkini itu memicu kemarahan di kalangan anggota parlemen konservatif di Jerman, yang dalam beberapa tahun terakhir, menampung lebih dari satu juta pengungsi, sebagian besar dari Timur Tengah dan Afghanistan.