Kunjungi Istana Bogor, Mahathir Bugar dan Semangat

Presiden Joko Widodo dan PM Malaysia Mahathir Mohamad di Istana Bogor, Jumat 29 Juni 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, di Istana Bogor, Jumat, 29 Juni 2018.

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Mahathir dan istri tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.15 WIB. Tiba di halaman depan gedung utama Istana Bogor, Mahathir langsung disambut Presiden Jokowi dan Ibu Negara. Setelah itu, penyambutan dilanjutkan dengan upacara kenegaraan dengan mengumandangkan lagu kebangsaan kedua negara. 

Walau Matahari terik, Mahathir terlihat masih segar dan bersemangat. Mahathir yang menggunakan setelan jas biru dan berkacamata hitam tidak menampakkan kelelahan.

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik ke Warga Banyuwangi

Mahathir juga terlihat senang ketika melakukan peninjauan pasukan dengan berjalan kaki. Tiba di ujung pasukan, berbaris puluhan anak SD dengan pakaian adat dan memegang bendera Indonesia dan Malaysia dalam ukuran kecil.

Dengan tersenyum, Mahathir langsung berbaur dengan para siswa SD itu. Sambil menyalami mereka satu per satu, anak-anak itu tak lupa mencium tangannya. Mahathir terlihat gembira. 

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Usai upacara kenegaraan, Jokowi bersama Mahathir menuju bagian dalam Istana Bogor. Walau sudah tidak muda lagi, Mahathir tampak bugar menaiki puluhan anak tangga di gedung utama Istana Bogor. 

Setelah menandatangani buku tamu, Jokowi dan Ibu Negara serta Mahathir dan istri, menuju beranda belakang. Banyak hal yang dibicarakan kedua pemimpin negara itu. 

Terdengar Presiden Jokowi memberi tahu Mahathir soal peliharaannya di Istana Bogor, tempat tinggal Jokowi selama empat tahun ini. Di antara hewan peliharaan tersebut yaitu kuda dan kambing. 

Sekitar tujuh menit berbincang, Jokowi dan Mahathir menuju taman belakang Istana Bogor untuk menanam pohon. Sekitar 50 meter dari gedung utama, keduanya berjalan dan sambil berbincang. 

Pohon yang ditanam, sebagai tanda persahabatan Indonesia-Malaysia adalah Pohon Meranti atau Shorea Sp. Mahathir terlihat mengambil sendiri tanah untuk mengubur pohon itu. Bahkan, mengambil air juga untuk menyiramnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya