Logo ABC

Media Australia Ancam Boikot Pacific Forum di Nauru

PM Malcolm Turnbull akan mengunjungi Nauru bulan September.
PM Malcolm Turnbull akan mengunjungi Nauru bulan September.
Sumber :
  • abc

Para wartawan politik Australia di ibukota Canberra mengancam akan memboikot kunjungan Perdana Menteri Malcolm Turnbull ke Nauru bulan September kecuali pemerintah di sana membatalkan larangan bagi ABC untuk meliput.

Media publik ABC sedianya akan mengirimkan satu orang kameraman ke Pacific Islands Forum (PIF), bersama dengan seorang fotografer dan seorang wartawan dari kantor berita Australia AAP, untuk meliput forum tersebut atas nama seluruh media Australia.

Namun hari Senin, pemerintah Nauru mengatakan tidak ada perwakilan dari ABC yang akan diberi visa untuk masuk ke negara tersebut dengan alasan apapun, dengan alasan bahwa selama ini ABC membuat laporan bias mengenai Nauru.

"Keputusan pemerintah Nauru untuk memilih wartawan yang akan meliput Pacific Islands Forum adalah bentuk pengekangan kebebasan pers." kata Presiden Perkumpulan Wartawan Yang Meliput Parlemen (Parliament Press Gallery) David Crowe dalam sebuah pernyataan.

"Bila larangan itu tidak dibatalkan, pool media ini akan juga dibatalkan."

"Bila satu orang tidak bisa pergi, yang lainnya juga tidak akan pergi."

Perdana Menteri Malcolm Turnbull telah menggambarkan keputusan pemerintah Nauru itu sebagai hal yang "disesalkan" namun mengatakan adalah terserah kepada tuan rumah untuk memutuskan siapa yang akan diijinkan masuk ke negara mereka.