Banjir Terparah Jepang dalam 3 Dekade, 129 Orang Tewas

Bencana banjir besar di Jepang, mobil terendam tinggi di Kota Mabi
Sumber :
  • REUTERS/Issei Kato

VIVA – Korban terus bertambah akibat tanah longsor dan banjir besar yang dipicu hujan terus-menerus di bagian barat Jepang. Sampai hari ini setidaknya 129 orang dinyatakan tewas, sebagaimana dibenarkan otoritas setempat.

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

Bencana ini adalah bencana paling besar akibat curah hujan yang sangat tinggi dalam tiga dekade terakhir, dilansir BBC.

Tim penyelamat kini masih terus melakukan pencarian dan penggalian di berbagai tempat dan mencoba menyelamatkan para penyintas karena belasan orang ditengarai masih hilang. Sementara itu, hingga dua juta orang sudah dievakuasi dari wilayah yang berisiko hujan deras dan dari area aliran sungai.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

"Saya sendiri sudah minta keluarga siap untuk segala kemungkinan terburuk,” kata korban bernama Kosuke Kiyohara yang saudara perempuan dan dua kemenakannya dikabarkan masih hilang.

Sementara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga sudah membatalkan kunjungan kerja luar negerinya pada pekan ini untuk bisa langsung memantau penanggulangan krisis banjir.

Bencana Banjir Landa Malaysia, 53.139 Jiwa Terdampak

Lebih dari 70.000 pekerja sosial termasuk tim SAR dan penyelamat lainnya sudah dikerahkan di wilayah barat Jepang yang terdampak. Sementara orang-orang yang mengungsi sebagian besar tinggal di pusat evakuasi yang disebar di 15 prefektur.

Hingga saat ini penampakan rumah-rumah terendam banjir masih berlangsung pula mobil-mobil hingga bus juga terendam bahkan mengambang akibat tingginya air banjir. Listrik padam begitu pula sumber air bersih kini lumpuh. (ren)

Banjir melanda Kabupaten Aceh Singkil

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Singkil semakin memburuk, menyebabkan ribuan rumah warga di Kecamatan Singkil dan Singkil Utara terendam.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2023