Beli Pesawat Baru, Trump Ingin Ada Warna Merah di Air Force One

Pesawat Air Force One yang dinaiki Presiden Amerika Serikat
Sumber :
  • Antara/ Puspa Perwitasari

VIVA – Boeing industri kembali menerima kontrak US$3,9 miliar atau sekitar Rp55 triliun untuk membuat dua pesawat Boeing 747-8 yang digunakan sebagai pesawat Kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One.

Nyaman Terbang Ke Paris, Babe Cabita Mau Ngekos di Pesawat

Dikutip dari Reuters, Rabu 18 Juli 2018, dengan diperbaruinya Air Force One, maka Presiden Trump menginginkan ada warna eksterior yang berbeda dari warna biru dan putih yang ada sejak Presiden John F. Kennedy.

Menurut Trump, warna yang tepat untuk Air Force One yang baru adalah merah, putih, dan biru. "Air Force One akan menjadi luar biasa. Itu akan menjadi yang teratas, yang teratas di dunia," ujar Trump.

Penampakan Perdana Jokowi Naik Pesawat Kepresidenan Merah Putih

Sebelumnya, pihak Pentagon mengumumkan kontrak pembelian dua pesawat Kepresidenan AS yang baru. Pesawat Air Force One yang baru tersebut, akan dikirimkan dengan cat terbaru pada Desember 2024.

Pembelian pesawat ini sempat dipertentangkan oleh Presiden Trump, lantaran kontrak yang ditawarkan terlalu mahal, yaitu sebesar US$4 miliar. Sehingga, bila tak diturunkan harga, pesanan akan dibatalkan.

TNI AU: Kamuflase Hanya untuk Pesawat Misi Khusus

Boeing 747-8 dirancang untuk menjadi Gedung Putih di udara yang dapat terbang dalam skenario keamanan terburuk, seperti perang nuklir, dan dimodifikasi dengan avionik militer, komunikasi canggih, dan sistem pertahanan diri.

Air Force One

Pesawat jet pribadi semewah hotel

AS Sita Pesawat Pribadi Termahal di Dunia Milik Oligarki Rusia

AS Sita Pesawat Jet Mewah jenis Gulfstream senilai US$60 juta atau setara dengan Rp868,50 miliar dan US$350 juta atau setara dengan Rp5,63 triliun.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2022