Logo BBC

Pengakuan Guru Bahasa Inggris soal Kebiasaan Aneh Putra Mahkota Saudi

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Nama Mohammed Bin Salman (MBS) baru dikenal dunia saat dia dinobatkan sebagai putra mahkota Arab Saudi dan kerap menerbitkan aturan-aturan kontroversial. Wartawan BBC Arabic Rachid Sekkai, sempat mengajarinya bahasa Inggris, sewaktu dia kecil. Dia mengisahkan kembali pengalamannya.

Waktu itu, saya masih berprofesi sebagai guru di sekolah elit Al-Anjal di Jeddah, saat saya menerima telepon di awal tahun 1996. Gubernur Riyadh, Pangeran Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan keluarganya, pindah sementara ke kota pelabuhan itu dan mereka butuh guru bahasa Inggris.

Mereka kemudian memboyong saya ke istana untuk menjadi tutor pribadi bagi anak-anaknya: Pangeran Turki, Pangeran Nayef, Pangeran Khalid dan tentu saja, Pangeran Mohammed bin Salman.

Saya waktu itu tinggal di sebuah apartemen di pusat kota. Setiap hari, seorang sopir akan menjemput saya pada pukul 07.00 dan mengantar saya ke Al-Anjal. Setelah saya selesai mengajar di sekolah, sopir akan mengantar saya ke istana.


Rachid Sekkai saat masih menjadi guru di sekolah Al-Anjal di Jeddah - BBC

Setelah melewati gerbang yang dijaga ketat, mobil yang mengantar saya akan melewati barisan rumah-rumah mewah dengan taman cantik yang dirawat oleh pekerja berseragam putih. Di dekat rumah-rumah itu, ada lapangan parkir luas dengan banyak mobil mewah. Itu adalah pertama kalinya saya melihat Cadillac merah muda.

Setelah tiba di bangunan utama istana, saya akan didampingi oleh direktur istana, Mansoor El-ShahryĆ¢, pria paruh baya yang merupakan orang dekat dan favorit Pangeran Mohammed.