Logo BBC

Bayi yang Lahir di Antrean Bank Jadi Rebutan Keluarga

Khazanchi Nath lahir dua tahun lalu saat ibunya Sarvesha Devi berdiri dalam sebuah antrean bank untuk mengambil uang tunai. - BBC
Khazanchi Nath lahir dua tahun lalu saat ibunya Sarvesha Devi berdiri dalam sebuah antrean bank untuk mengambil uang tunai. - BBC
Sumber :
  • bbc

Dia tiba di dunia dalam sebuah antrian bank dan membuat berita global. Tapi Khazanchi Nath yang berumur dua tahun sekarang berada di pusat pertarungan antara dua sisi keluarga dan dua desa karena status selebritinya.

Wartawan BBC Geeta Pandey pergi ke desa Kanpur di India utara untuk mengumpulkan cerita balita itu.

Khazanchi, yang berarti "bendahara", lahir di negara bagian Uttar Pradesh pada 2 Desember 2016, kurang dari sebulan setelah pemerintah India melarang peredaran uang 1.000 dan 500 rupee dalam semalam.

Keputusan oleh Perdana Menteri Narendra Modi, yang disebut demonetisasi, menyebabkan krisis keuangan besar dan selama berminggu-minggu jutaan orang India terlihat mengantri di luar bank untuk menarik uang kertas baru.

Sarvesha Devi yang hamil tua sedang berjalan dari rumahnya di desa Sardar Pur menuju ke bank di kota Jhinjhak dan mengambil tempat di antrean - bersama dengan ibu mertuanya Sashi Devi, anak perempuan sulungnya yang berusia 10 tahun yang bernama Priti, dan ratusan lainnya - ketika dia melahirkan.

Kisahnya menjadi berita utama dan Khazanchi kecil digunakan dalam kampanye pemilihan negara bagian itu untuk melawan BJP yang berkuasa di India. Ketika dia baru berusia lebih dari dua bulan, saya pergi ke desa mereka yang berdebu untuk melihatnya.


Kelahiran Khazanchi menjadi berita global. - BBC

Empat bulan sebelum kelahirannya, ayahnya meninggal akibat tuberkulosis. Menggambarkan trauma melahirkan di bank, ibunya mengatakan kepada saya bahwa dia juga akan mati jika bukan karena ibu mertuanya.

Tetapi minggu lalu, ketika saya ingin bertemu Khazanchi lagi, saya harus mengunjungi desa berdebu lainnya - Anantpur Dhaukal, tempat ibunya pindah tahun lalu setelah bertengkar sengit dengan mertuanya.

Itu adalah tempat rumah orangtua Sarvesha Devi, di mana ibu dan tiga saudara laki-lakinya tinggal bersama keluarga mereka.