Logo BBC

Krisis, Venezuela Ditinggal Pergi 3 Juta Penduduknya

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

"Sampai kapan kamu akan bertahan?" dan "Kapan kamu akan pergi dan memulai kehidupan baru?" adalah pertanyaan-pertanyaan yang selalu ada dalam benak warga Venezuela.

Setiap harinya tak kurang dari 5.000 warga yang angkat kaki meninggalkan negerinya untuk menyelamatkan diri. Lebih dari tiga juta orang sudah angkat kaki dari Venezuela beberapa tahun belakangan ini. Angka itu akan melonjak menjadi lebih dari lima juta orang di akhir tahun 2019.

Sebagian besar warga Venezuela mengungsi ke negara Amerika Selatan lain. Lebih dari satu juta warga Venezuela memilih Kolombia sebagai rumah baru mereka, sementara lebih dari 500.000 orang menuju ke arah selatan dengan tujuan akhir Ekuador, Peru, dan negara-negara lain di sekitarnya.


- BBC

Orang-orang yang memiliki koneksi yang baik telah memulai kehidupan baru mereka dengan mencari pekerjaan dan mengenyam pendidikan di negara baru mereka. Namun, saya juga menemukan orang-orang yang hanya berjualan air minum dan makanan di jalanan di Peru dan Kolombia untuk mencukupi hidup sehari-hari.

"Kita berbicara tentang orang-orang yang mengungsi bukan karena bencana alam atau perang," ujar Claudia Vargas Ribas, seorang ahli migrasi di Universitas Siman Bolavar in Caracas.

Tahun Baru, Tantangan Baru