Logo ABC

Bergengsinya Profesi Penerjemah di China

Charles Qin (tengah) dikenal sebagai salah satu penerjemah top Australia.
Charles Qin (tengah) dikenal sebagai salah satu penerjemah top Australia.
Sumber :
  • abc

Charles Qin begitu paham tentang tekanan dari menjadi sosok yang berada di tengah. Ia adalah salah satu penerjemah top Australia, yang menjadi perantara untuk menerjemahkan diskusi sensitif bagi empat Perdana Menteri Australia di China.

"Ini adalah pekerjaan yang sangat bertekanan tinggi - jika seorang pemimpin membahas topik yang sangat sensitif dan mereka tidak mengungkapkannya kepada Anda [sebelumnya], Anda harus mendengarkan dengan sangat hati-hati," kata Qin.

Ia telah mengetahui rahasia diskusi tingkat tinggi dengan beberapa orang terkuat di dunia - di mana kesuksesan bisa bergantung pada pilihan kata-kata.

"Kita semua tahu mantan Perdana Menteri Kevin Rudd berbicara bahasa China, dan ia punya pilihan kata-kata sendiri, jadi jika istilah yang saya pakai bukanlah kata yang ia pikirkan, ia akan kembali ke bagian itu terus," kata Qin.

Para Perdana Menteri Australia yang berkunjung ke China diketahui sering memakai jasa penerjemah lokal di tempat.

Barnaby Joyce sempat menyebabkan kebingungan pada saat pertemuan bisnis di Beijing pada tahun 2015 ketika ia terus merujuk pada istilah "battered savs" (semacam gorengan sosis).

Charles Qin (kiri) telah menerjemahkan diskusi bagi 4 Perdana Menteri Australia di China. Charles Qin (kiri) telah menerjemahkan diskusi bagi 4 Perdana Menteri Australia di China.