Logo BBC

Tiga Juta Perempuan India Gelar Aksi Demonstrasi

The demonstration was a response to protests that prevented women from entering a Hindu temple - BBC
The demonstration was a response to protests that prevented women from entering a Hindu temple - BBC
Sumber :
  • bbc

Jutaan perempuan di negara bagian Kerala, India, membentuk rantai manusia sepanjang 620 km "untuk menyuarakan kesetaraan gender", menyusul perselisihan tentang akses perempuan ke kuil Hindu yang terkenal di sana. Kuil Sabarimala secara historis tertutup bagi wanita "usia menstruasi" -antara 10 sampai 50 tahun.

Pengadilan Tinggi India membatalkan larangan itu pada bulan September, tetapi para pengunjung perempuan tetap tak bisa masuk karena ribuan orang berunjuk rasa di kuil itu dan menghalangi mereka dengan berbagai cara. Beberapa waktu lalu, sejumlah transgender bisa masuk kuil -karena dianggap bukan perempuan.

Unjuk rasa perempuan kali ini, disebut `tembok perempuan,` digalang oleh pemerintah koalisi negara bagian itu yang berhaluan kiri.

Para pejabat mengatakan kepada wartawan BBC Hindi, Imran Qureshi, bahwa sekitar lima juta perempuan dari berbagai pelosok Kerala berkumpul di semua jalan raya nasional untuk membentuk rantai hidup, yang membentang dari ujung utara Kasaragod ke ujung selatan di Thiruvanthapuram.

Para penyelenggara memperkirakan, perempuan yang turun membentuk rantai itu jumlahnya sekitar tiga juta orang.

Para pejabat mengatakan demonstrasi singkat itu digalang untuk memerangi ketidaksetaraan dan melawan upaya kelompok-kelompok sayap kanan yang hendak terus menerapkan larangan terhadap perempuan.


Officials said millions of women formed a human chain stretching across the state - CV Lenin