Raja Malaysia yang Baru Dipilih 24 Januari

Sultan Muhammad V Kelantan Malaysia
Sumber :
  • The Star Malaysia

VIVA – Dewan Penguasa Malaysia akan bertemu pada 24 Januari 2019, untuk memilih raja dan wakil raja yang baru. Raja baru kemudian akan dilantik pada 31 Januari 2019.

Kasus Korupsi Puluhan Triliun 1MDB Lanjut, Najib Razak Terkejut

Penjaga Penguasa Raja Malaysia, Syed Danial, dikutip dari Channel News Asia. mengatakan, tanggal itu diputuskan oleh para penguasa selama pertemuan mereka di Istana Negara pada Senin pagi, 7 Januari 2019. Pertemuan tersebut dihadiri oleh para penguasa Terengganu, Perlis, Negeri Sembilan, Johor, Perak, dan Kedah.

Pertemuan itu diadakan setelah langkah Sultan Muhammad V yang mundur sebagai Raja Malaysia, setelah hanya dua tahun duduk di atas takhta. Pengunduran dirinya adalah yang pertama dalam sejarah Malaysia.

Malaysia Makin Ngebet Gojek, Dipuja-puji Abis

Dalam sistem monarki konstitusional Malaysia, pemilihan raja diadakan setiap lima tahun. Pemungutan suara harus diadakan dalam waktu empat pekan, setelah posisi raja kosong.

Raja mengambil peran seremonial, termasuk bertindak sebagai pemelihara Islam di negara mayoritas Muslim. Persetujuan raja juga diperlukan untuk penunjukan perdana menteri dan berbagai pejabat senior.

Jangan Sembarangan Biarkan Gojek Mengaspal di Malaysia

Menurut rotasi berdasarkan urutan, Sultan Pahang akan menjadi Raja Malaysia yang berikutnya. Selanjutnya diikuti oleh Sultan Johor. (art)

Ilustrasi ibadah di masjid.

Enam Pria Malaysia Dipenjara Sebulan karena Tidak Salat Jumat

Mereka dinyatakan bersalah di pengadilan syariah Terengganu.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2019