Logo BBC

Rahaf Mohammed al-Qunun, Warga Arab Saudi yang Kabur dan Mencari Suaka

Rahaf Mohammed al-Qunun mengatakan ingin menikmati kebebasan, belajar dan bekerja.-AFP
Rahaf Mohammed al-Qunun mengatakan ingin menikmati kebebasan, belajar dan bekerja.-AFP
Sumber :
  • bbc

Sejauh ini belum banyak informasi yang didapat tentang jati diri Rahaf Mohammed al-Qunun, selain ia adalah seorang putri gubernur al-Sulaimi, di Arab Saudi bagian utara.

Ia adalah seorang perempuan berusia 18 tahun yang kabur dari keluarganya ketika mereka sedang melakukan perjalanan ke Kuwait. Ia semula berencana melarikan diri ke Australia melewati Bandar Udara Suvarnabhumi, Bangkok, ibu kota Thailand.

Namun setibanya di Bangkok, ia mengaku paspornya disita oleh pejabat Arab Saudi dan dipaksa kembali ke Kuwait untuk menemui keluarganya.

Sebagai upaya mencegah pengusiran oleh pihak berwenang Thailand, Rahaf membarikade diri dalam kamar hotel di lingkungan bandara, sambil mengetwit kondisinya, perlakuan yang dialami dan permintaan suaka ke Australia, Inggris, Kanada dan Amerika Serikat.

"Saya unggah cerita dan foto saya di media sosial dan ayah saya begitu marahnya karena saya melakukan ini... Saya tidak bisa belajar dan bekerja di negara saya, jadi saya ingin bebas dan belajar dan bekerja sebagaimana saya inginkan."

Murtad dan Khawatir akan Dibunuh

Setelah berlangsung drama selama sekitar 48 jam, Rahaf Mohammed al-Qunun akhirnya keluar dari lingkungan bandara pada Senin (07/01) setelah berunding dengan perwakilan Badan Pengungsi PBB, UNHCR, dan pihak berwenang Thailand.