AS Mulai Tarik Peralatan Militer dari Suriah

Ilustrasi Dua mobil Humvee milik militer Amerika Serikat terhisap pasir pantai
Sumber :
  • Carsbuzz

VIVA – Militer Amerika Serikat mulai menarik peralatannya dari Suriah. Kebijakan ini diambil AS menyusul perintah langsung Presiden Donald Trump. Namun, untuk alasan keamanan, otoritas AS belum bisa memberikan keterangan resminya.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

"Saya bisa mengonfirmasi penarikan peralatan dari Suriah. Untuk alasan keamanan, saya tidak akan memberikan perincian lebih lanjut saat ini," kata pejabat pertahanan AS yang tak disebutkan namanya, dikutip dari Channel News Asia, Jumat 11 Januari 2019.

Pada 19 Desember lalu, secara mengejutkan Trump mengatakan bahwa ia akan menarik semua tentara AS dari negara Timur Tengah yang dilanda konflik. Pengumuman itu memicu pengunduran diri Menteri Pertahanan Jim Mattis.

Ledakan Terdengar di Irak hingga Suriah Imbas Serangan Israel ke Iran

Penarikan peralatan dalam beberapa hari terakhir pertama kali dilaporkan oleh CNN, yang mengutip seorang pejabat administrasi yang mengetahui secara langsung operasi tersebut.

Pejabat itu tak menjelaskan secara rinci peralatan militer apa saja yang diangkut atau bagaimana peralatan tersebut dibawa keluar dari Suriah. Diperkirakan penarikan akan dimulai dari wilayah utara Suriah.

Iran Ancam Yordania Jadi Target Berikutnya Jika Bantu Israel

Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton, mengatakan penarikan pasukan dan peralatan dilakukan setelah memastikan negara-negara sekutu itu aman dari ancaman terorisme.

"Kami akan membahas keputusan presiden. Tetapi untuk melakukannya, kami harus memastikan bahwa ISIS sudah dikalahkan dan tidak bisa menghidupkan kembali dirinya atau menjadi ancaman lagi di kemudian hari," ujar Bolton.

Tentara Israel saat melakukan operasi militer di Gaza, Palestina

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Selain berita tentang Israel, berita soal pengemudi Fortuner yang arogan juga menarik perhatian banyak pembaca kanal news VIVA.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024