Logo BBC

Diiming-imingi uang, Warga Ukraina Dikerjai Ikut Kampanye Bodong

Mereka yang datang ke kota Kiev untuk ikut `berkampanye` tak tahu bahwa aksi mereka tengah disiarkan melalui internet. - 1+1 TV/UTKIN TV/YOUTUBE
Mereka yang datang ke kota Kiev untuk ikut `berkampanye` tak tahu bahwa aksi mereka tengah disiarkan melalui internet. - 1+1 TV/UTKIN TV/YOUTUBE
Sumber :
  • bbc

Seorang pria Ukraina mengerjai warga dengan menjanjikan sejumlah uang kepada siapa saja yang bersedia datang ke sebuah kampanye pemilu bodong. Tapi justru dia yang terkejut karena banyak orang yang benar-benar menghadirinya.

Oleksiy Utkin, melalui akun media sosialnya, menawarkan uang sogokan sebanyak UAH 1.000 (Ukrainian Hryvnyas) atau sekitar Rp517 ribu bagi siapa saja yang bersedia datang ke sebuah aksi kampanye seorang `kandidat` presiden Ukraina, Serhiy Filatov, di tengah kondisi udara membeku selama 3 jam.

Mereka dijanjikan akan diberi lebih dari itu, jika mereka bisa membawa teman, seperti dilaporkan 1+1 TV.

Namun yang tak mereka ketahui, sebenarnya tak ada kandidat presiden Ukraina bernama Filatov.

Lebih dari 200 orang muncul di Jalan Andriyivskyy Uzviz di kota Kiev, sambil meneriakkan slogan pro-Filatov, tanpa menyadari bahwa aksi mereka tengah disiarkan secara langsung melalui internet dengan menggunakan kamera web Utkin. Mereka juga tak tahu-menahu bahwa sebenarnya mereka tak akan dibayar seperti yang dijanjikan sebelumnya.

Langkah-langkah Potemkin

Tidak hanya di Kiev, kampanye bodong buatan Utkin juga berhasil mengelabui warga kota pelabuhan Laut Hitam, Odessa.