Vladimir Putin Ingatkan AS Jangan Seenaknya Tempatkan Rudal di Eropa

Presiden Rusia Vladimir Putin di APEC CEO Summit
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

VIVA – Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Amerika Serikat agar tidak menempatkan rudal baru di wilayah Eropa. Rusia bahkan menyatakan sangat mampu membalas dendam dengan senjata yang tak kalah canggih.

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Putin juga menyebutkan bahwa selama ini Amerika Serikat sudah mengabaikan kesepakatan pengendalian senjata termasuk Intermediate Range Nuclear Forces tahun 1987 dengan membangun rudal nuklir dan kemudian menyalah-nyalahkan Rusia dalam hal nuklir.

Dikutip dari media Aljazeera, pengabaian atas kesepakatan pengendalian senjata akan menyebabkan adanya perlombaan senjata antaranegara-negara great powers.

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

Pemimpin Rusia disebutkan terus mengingatkan agar AS tak menempatkan rudal di Eropa setelah berakhirnya Perang Dunia, karena hal itu akan dianggap sebagai ancaman serius oleh Rusia.

"Saya menyatakan ini dengan sangat terbuka, Rusia bisa 'dipaksa' menggunakan senjata tak lain karena adanya kebijakan yang kami anggap memang sedang mengancam kami," kata Putin.

Video Jet Tempur Ukraina Dikejar Rudal Nuklir Rusia, Bak Film Top Gun

"Kemampuan senjata itu termasuk kapasitas jangkauannya ke kota-kota yang vital akan dianggap sama dengan ancaman ke Rusia," tutur dia. (art)

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

Kementerian Dalam Negeri Rusia memasukkan Presiden Volodymyr Zelesnkyy dan pendahulunya Petro Poroshenko ke dalam daftar orang yang dicari.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024