Video Jet Tempur Ukraina Dikejar Rudal Nuklir Rusia, Bak Film Top Gun

VIVA Militer: Jet tempur militer Ukraina
Sumber :
  • X/@Operativnik22

VIVA – Sebuah video dramatis beredar di sejumlah akun media sosial. Rekaman tersebut menunjukkan bagaimana rudal Rusia tengah memburu sebuah jet tempur Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU).

Jenderal Perang Angkatan Laut Belanda Datangi Markas Sarang Petarung Marinir, Ada Apa?

Salah satu yang mengunggah rekaman peristiwa menegangkan itu berasal dari akun X dengan nama @Operativnik22.

Dalam video berdurasi 21 detik, awalnya terlihat sebuah jet tempur militer Ukraina terbang dengan kecepatan tinggi di wilayah udara yang tak diketahui secara jelas.

Amerika Pembohong Besar, Nilai Paket Senjata Buat Israel Ternyata Tembus Rp20 Triliun

Beberapa saat berselang, rudal militer meluncur kencang di lintasan yang sama dengan pesawat tersebut. Menurut laporan yang dilansir VIVA Militer dari BulgarianMilitary, rudal Rusia itu diketahui adalah Kh-101.

VIVA Militer: Rudal militer Rusia mengejar jet tempur Ukraina

Photo :
  • X/@Operativnik22
Pesawat Kelima Super Hercules C-130J TNI AU Pesanan Menhan Prabowo Tiba di Indonesia

"Sebuah jet tempur Ukraina sedang mencoba menembak jatuh rudal jelajah Kh-101 Rusia dengan rudal udara-ke-udara," tulis akun @Operativnik.

Rudal berkemampuan nuklir dan punya fitur siluman pabrikan Raduga, diyakini tak terdeteksi dikarenakan mampu menyerap radar.

Sementara itu dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Voennoy Obrazovatel (VO), video itu diyakini adalah hasil rekaman warga Ukraina dengan menggunakan ponsel.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan tak diketahui apakah rudal Rusia itu berhasil menghantam jet tempur Ukraina atau tidak. Pun dengan waktu dan tempat kejadian.

Meski tidak merinci jenis pesawat tempur Ukraina yang jadi sasaran rudal, namun alat utama sistem persenjataan itu adalah Mikoyan MiG-27, Sukhoi Su-25 atau Su-27.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya