Pecah Rekor, Dian Andriani Jadi Prajurit Kowad Pertama yang Raih Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI AD

VIVA Militer: Wakasad ucapkan selamat kepada Mayjen TNI Dian Andriani Ratna Dewi
Sumber :
  • Dispenad

Jakarta –  Sejarah baru tercipta di lingkungan TNI Angkatan Darat. Sejarah itu ditorehkan oleh seorang prajurit Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) yang bernama Dian Andriani Ratna Dewi. 

Prabowo ke Capaja TNI-Polri: Profesi Ini Butuh Pengorbanan dan Kerelaan Besar

Dian Andriani Ratna Dewi adalah prajurit Kowad yang pertama yang memiliki pangkat jenderal bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen). Kenaikan pangkat jenderal bintang dua terhadap Dian Andriani itu dilakukan menyesuaikan jabatan barunya yang saat ini dia pegang sebagai Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Pertahanan (Unhan).

Untuk diketahui, tidak banyak prajurit wanita TNI yang berhasil sampai pecah bintang. Terlebih lagi sampai menyandang pangkat jenderal bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen) TNI seperti Dian Andriani Ratna Dewi.

Resmikan 2 Kapal Perang Baru, KSAL: Prioritas Kita Membangun Kekuatan TNI AL yang Modern

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Dispenad), Kamis, 16 Mei 2024, upacara kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Brigadir Jenderal (Brigjen) menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) terhadap Dian Andriani Ratna Dewi baru saja dilakukan pada hari Rabu, 15 Mei 2024 kemarin di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat.

Upacara Kenaikan Pangkat itu dipimpin langsung oleh Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Revita mewakili Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Jenderal Pasukan Elite Kopasgat TNI AU Dapat Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama dari Presiden Jokowi

KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Revita mengucapkan selamat kepada para Pati atas kenaikan pangkatnya. 

VIVA Militer: 46 Pati TNI AD Naik Pangkat satu tingkat lebih tinggi

Photo :
  • Dispenad

Jenderal Maruli menegaskan bahwa kenaikan pangkat merupakan bentuk apresiasi negara, atas prestasi dan dedikasi para Pati kepada institusi TNI AD, juga bangsa dan negara.

“Kita curahkan pemikiran kita untuk kemajuan TNI dan TNI AD. Curahkan pemikiran kita untuk melayani pasukan kita, berkontribusi terhadap anggota kita, (terutama) yang bertugas di ujung-ujung negeri ini. Sehingga mereka merasakan keberadaan kita, sekecil apa pun bentuk kegiatannya, merupakan amal ibadah bagi kita," pesan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang dibacakan Wakasad Letjen TNI Tandyo di hadapan para Pati TNI AD yang naik pangkat.

Untuk diketahui, dalam upacara kenaikan pangkat kali ini terdapat 46 Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Tercatat, ada tujuh Pati TNI yang mendapatkan kenaikan pangkat dari jenderal bintang satu (Brigjen) TNI AD menjadi jenderal bintang dua (Mayjen) TNI AD. 

Selain itu terdapat 39 Pati TNI AD yang semula berpangkat Kolonel naik pangkat menjadi jenderal bintang satu (Brigjen). Sebagian diantaranya (28 Pati) bertugas di dalam struktur TNI AD, sementara 18 Pati lainnya berdinas di luar struktur TNI AD.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya