Jenderal Perang Angkatan Laut Belanda Datangi Markas Sarang Petarung Marinir, Ada Apa?

VIVA Militer: KSAL Belanda Vice Admiral Rene Tas kunjungi Markas Korps Marinir
Sumber :
  • Dispen Kormar

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Kerajaan Belanda atau Commander of the Royal Netherlands Navy (RNLN) Vice Admiral R.P Rene Tas mendatangi markas Sarang Petarung Marinir di Komplek Ksatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Mei 2024.

Serangan Udara Israel Bunuh Dua Komandan Senior Hamas di Rafah

Kedatangan orang nomor satu di Angkatan Laut Belanda dan rombongan itu disambut langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi dengan upacara jajar kehormatan yang merupakan tradisi militer untuk menyambut kedatangan tamu dari negara sahabat.

Dalam pertemuan tersebut Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Kasal Kerajaan Belanda ke markas Korps Marinir TNI AL.

Biadab, Tentara Israel Bakar Puluhan Warga Gaza Hidup-hidup

Dankormar berharap kunjungan kehormatan ini dapat mempererat komunikasi dan menjalin kerja sama yang berkaitan dengan tugas yang dilaksanakan Korps Marinir TNI Angkatan Laut di masa mendatang.

"Kegiatan tersebut merupakan salah satu wahana untuk membangun kerja sama yang baik antara Angkatan Laut Indonesia khususnya Korps Marinir, dengan Angkatan Laut Kerajaan Belanda," kata Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi dalam keterangan resmi Dispen Kormar yang diterima VIVA Militer, Kamis, 16 Mei 2024.

Israel Tarik Pasukan dari Rafah, Fakta atau Hoax?

VIVA Militer:Dankormar dan Kasal Belanda meninjau alutsista Korps Marinir TNI AL

Photo :
  • Dispen Kormar

Selain melakukan bilateral meeting, dalam kesempatan tersebut, Vice Admiral R.P Rene Tas dan rombongan sempat menyaksikan demonstrasi (penembakan)  gundril dan sejumlah alutsista yang dimiliki oleh prajurit petarung Korps Baret Ungu Marinir TNI AL.

Sejumlah pejabat utama Angkatan Laut Belanda turut hadir mendampingi Kasal Belanda Vice Admiral R.P Rene Tas ke markas Korps Marinir TNI AL, diantaranya LCDR Joske Liefaard Asisten Chief of Staff, CPO René Heeringa  Chief Petty Officer, Ms Rosalien Wagenaar Staff Officer International Cooperatio, SGT Leon Klunder Sergeant 2nd Marine Group, dan Colonel Norbert Moerkens Defence Attaché.

Sementara Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi didampingi sejumlah pejabat utama Korps Marinir, diantaranya Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, Irkormar Brigjen TNI (Mar) Tri Subandiyana, Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, para Asisten Dankormar, Kadis Kormar, Dankolak Kormar, dan para Asisten Danpasmar 1, serta Dankolak Pasmar 1.

Untuk diketahui, sebelum ke Markas Sarang Petarung Marinir TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut Kerajaan Belanda Vice Admiral R.P Rene Tas sempat melakukan kunjungan kehormatan ke KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Mabesal.

VIVA Militer: Kasal Belanda menyaksikan demonstrasi alutsista Korps Marinir

Photo :
  • Dispen Kormar

Kunjungan Vice Admiral Rene Tas ke Mabesal merupakan rangkaian dari lawatannya di Jakarta. Dalam lawatannya itu, Tas juga memimpin kunjungan persahabatan (Port Visit) kapal perang fregat Belanda HNLMS Tromp F-803 yang sandar di JICT 2, Tanjung Priok sejak Rabu, 15 Mei 2024 kemarin.

Rene Tas menjelaskan kedatangannya ke Mabesal merupakan kunjungan balasan, mengingat Laksamana TNI Muhammad Ali telah berkunjung ke Markas RNLN pada pertengahan Juni 2023 lalu.

“Kami membahas isu-isu kemaritiman, keamanan, keselamatan, termasuk soal ancaman bajak laut,” kata Kasal Belanda Rene Tas menjelaskan isi pertemuannya dengan Laksamana TNI Muhammad Ali. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya