Meriahnya Pencoblosan di KBRI Pakistan, PPLN Bertema Vintage

Kostum vintage PPLN di Islamabad Pakistan
Sumber :
  • VIVA/Dinia

VIVA – Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Pakistan punya cara unik untuk memeriahkan penyelenggaraan Pemilu 2019. Terletak di Kedutaan Besar RI Islamabad pada Sabtu lalu, 13 April 2019, pemilu diadakan dengan mengambil tema bernuansa vintage. 

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Ketua PPLN Pakistan, Muladi Mugheni, mengatakan ingin memberikan suasana riang, nyaman dan kekeluargaan bersama warga negara Indonesia yang akan menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi tersebut.

Sementara itu nuansa vintage dipilih oleh PPLN di Pakistan dikarenakan mayoritas pemilih yang ikut mencoblos adalah generasi milenial atau mahasiswa. 

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Oleh karena itu, kami juga berinisiatif mengadakan bazar kuliner nusantara, perlombaan untuk anak-anak, dan panggung gembira yang banyak sekali penampilan yang disajikan," kata Muladi dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA. 

Total daftar pemilih tetap (DPT) yang menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) Islamabad adalah sebanyak 246 orang, atau sekitar 93 persen dari total 263 orang. Sementara itu pemilih yang menggunakan metode pos sebanyak 106 orang, di mana 70 persen diantaranya sudah kembali ke PPLN.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Selain menggunakan tema yang unik, pemilu di Islamabad juga dimeriahkan dengan Pesta Demokrasi Panggung Gembira dan Bazaar Nusantara, untuk mengobati rasa rindu WNI di Pakistan terhadap Tanah Air.

"Pada hari ini WNI yang hadir dapat menggunakan hak politiknya dengan tenang dan damai. Yang rindu dengan masakan Indonesia bisa berkeliling melihat bazar dengan aneka ragam makanan khas Indonesia, juga nanti di Panggung Gembira kita akan disuguhkan dengan penampilan-penampilan seni budaya Indonesia oleh adik-adik mahasiswa dari International Islamic University of Islamabad, juga dari putra putri Staf KBRI," kata Duta Besar RI untuk Pakistan, Iwan Suyudhie Amri.

Kostum vintage PPLN di Islamabad Pakistan saat melayani Dubes RI Pakistan

Beberapa menu makanan dan minuman yang dijual di Bazaar Nusantara di antaranya bakso, es pisang ijo, mie goreng, cendol, onde-onde, mie ayam, ayam kremes, empek empek, tahu isi, bakso, dan lain-lain.

Sedangkan penampilan yang disuguhkan di Panggung Gembira Pemilu 2019 yaitu Tapak Suci, Angklung, Paduan Suara, Band, dan Tari Senam Tubelo dan Sun Sayang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya