Logo BBC

Homo Sapiens Paling Awal Ditemukan di Luar Afrika

Fosil tengkorak Apidima 2 diyakini adalah Neanderthal dan usianya lebih muda ketimbang fosil manusia modern (Apidima 1). - BBC
Fosil tengkorak Apidima 2 diyakini adalah Neanderthal dan usianya lebih muda ketimbang fosil manusia modern (Apidima 1). - BBC
Sumber :
  • bbc

Para peneliti menemukan sampel paling awal dari spesies homo sapiens (manusia modern) di luar benua Afrika, yaitu di Yunani.

Tengkorak yang ditemukan di Gua Apidima, Yunani, diperkirakan berusia 210.000 tahun, dan mereka hidup ketika benua Eropa dikuasai Neanderthal.

Temuan sensasional ini menguatkan bukti adanya migrasi lebih awal orang-orang dari Afrika, yang tidak meninggalkan jejak dalam DNA manusia saat ini.

Penelitian ini telah dimuat di jurnal Nature pada 10 Juli 2019.

Tim peneliti sebelumnya menemukan dua fosil tengkorak penting di Gua Apidima di Yunani pada 1970-an.

Satu fosil digambarkan sangat terdistorsi dan lainnya tidak lengkap, sehingga membutuhkan pemindaian tomografi terkomputasi dan penanggalan seri uranium untuk mengungkap latar belakang fosil tengkorak itu.

Fosil tengkorak yang lebih lengkap tampaknya adalah Neanderthal. Namun fosil lainnya menunjukkan karakteristik jelas, seperti mengindikasikan dia adalah manusia modern.