Logo DW

Ibu Tujuh Anak, Ursula von der Leyen Jadi Presiden Komisi Eropa

Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen.-Reuters/V. Kessler
Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen.-Reuters/V. Kessler
Sumber :
  • dw

Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen memenangkan pemungutan suara untuk menjadi presiden Komisi Eropa berikutnya, dan akan menjadi perempuan pertama yang memegang jabatan itu.

Dia memperoleh 383 dari 747 kemungkinan suara, hanya sembilan suara lebih banyak dari minimum yang harus dicapainya. 327 anggota parlemen menolaknya dan 22 abstain.

Dalam sambutan singkat setelah penghitungan akhir diumumkan, dia mengatakan tujuannya adalah mewujudkan Eropa yang kuat dan bersatu.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengucapkan selamat kepada von der Leyen, menyebutnya "orang Eropa yang berkomitmen" yang akan "mengatasi dengan penuh semangat tantangan yang kita hadapi sebagai Uni Eropa."

"Meskipun saya kehilangan menteri lama, saya memenangkan mitra baru di Brussel," kata Merkel, melalui juru bicaranya Steffen Seibert di Twitter.

Charles Michel, perdana menteri sementara Belgia dan presiden Dewan Eropa berikutnya juga datang ke Twitter untuk menawarkan dukungannya, mengatakan dia "berharap untuk bekerja sama secara erat dengan lembaga-lembaga untuk masa depan Eropa."

"Mari kita bekerja bersama demi kepentingan semua orang Eropa!"