Filipina Diguncang Gempa, 8 Korban Tewas 60 Luka-luka

Gempa guncang Filipina pada 27 Juli 2019
Sumber :
  • Sumber BBC

VIVA – Gempa mengguncang Provinsi Batanes di Filipina pada Sabtu, 27 Juli 2019. Gempa yang terjadi pada pagi itu menyebabkan delapan orang tewas dan puluhan orang luka-luka.

Sekolah di Filipina Tutup Hingga 30 Orang di Thailand Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem

Dilansir laman BBC, gempa tersebut berkekuatan 5,4 Skala Richter kemudian terjadi lagi dengan kekuatan 5,9 Skala Richter. Porvinsi Batanes terletak di bagian utara negara kepulauan tersebut.

Wali Kota Raul de Sagon menyebutkan bahwa setidaknya da 60 orang yang cedera akibat gempa. Kebanyakan mereka memang sedang berada di rumah pada saat gempa terjadi.

Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

Hingga saat ini dilaporkan tak ada potensi tsunami.

Sementara saksi mata yang juga adalah petugas polisi bernama Uzi Villa mengatakan,"Kami melihat rumah berguncang. Sebagian dinding rumah langsung kolaps dan korban berjatuhan. Sebagian korban tewas diduga masih tidur karena memang hari masih pagi."

Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Foto-foto pascagempa dan korban kemudian beredar di media sosial. Sementara Palang Merah Filipina juga ikut menolong korban dan membantu mengangkat puing yang menjadi timbunan.

Filipina diketahui menjadi salah satu wilayah rawan gempa. Negara ini terletak di sebagian zona cincin api Pasifik. Oleh karena itu bisa berdampak pada terjadinya aktivitas seismik utama yang patut diwaspadai.

Ilustrasi cuaca panas

Terpopuler: Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis hingga 5 Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem

 Kanal Lifestyle VIVA.co.id, pada hari Kamis, 2 Mei 2024, memiliki empat artikel terpopuler dengan jumlah pembaca paling tinggi. Artikel apa saja? Yuk simak!

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024