Logo BBC

Petani Madagaskar Berusaha Selamatkan Teripang, Makanan Lezat Mahal

- TOMMY TRENCHARD
- TOMMY TRENCHARD
Sumber :
  • bbc

Di sebagian kawasan di dunia, teripang adalah makanan lezat yang mahal harganya karena manfaat kesehatannya dipandang tinggi.

Di Tampolove, sebuah desa kecil berangin dengan gubuk dari lumpur dan jalan berpasir yang terbentang di antara pantai dan hutan di Madagaskar barat daya, binatang ini telah membangkitkan ekonomi setempat dan lingkungan.

Desa itu adalah rumah bagi peternakan teripang lokal pertama Madagaskar, yang telah mengubah kehidupan penduduk yang sebelumnya hanya berpenghasilan satu dolar atau Rp14.000 per hari, meski pada saat yang sama semakin merugikan spesies laut.

Teripang berasal dari keluarga Echinoderm , bersama-sama dengan bintang laut dan bulu babi. Bentuk dan ukurannya berbeda-beda.

Mereka menghabiskan waktu membenamkan diri dalam lumpur dan muncul pada malam hari untuk mencari partikel untuk dimakan di lapisan sedimen - aktivitas yang memungkinkan terjadinya proses penyaringan penting yang menguntungkan ekosistem yang lebih luas.

Tetapi dalam beberapa dekade terakhir, perburuan ikan yang berlebihan untuk memenuhi kebutuhan di Asia membuat cadangan teripang dunia menurun.

Budi daya teripang di Tampolove adalah bagian dari skema untuk melindungi lingkungan dan memperbaiki kehidupan masyarakat di kawasan yang tak diperhatikan di Madagaskar.