Pemimpin Korut Kim Jong-un Operasi Jantung, Kesehatannya Memburuk

Kim Jong-un dan istrinya Ri Sol Ju.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat ini dilaporkan sedang dirawat setelah melalui operasi kardiovaskular atau jantung pada awal bulan ini. Beberapa waktu terakhir memang muncul spekulasi mengenai kondisi kesehatan Kim Jong-un lantaran ia tak hadir di acara ulang tahun utama.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Korea Utara menandai peringatan hari ulang tahun pendiri Korut sekaligus kakek Kim, Kim Il-sung, sebagai hari libur nasional setiap tanggal 15 April. Namun dalam foto-foto yang dibagikan oleh kantor berita resmi Korut, Kim Jong-un tidak tampak.

Daily NK, sebuah situs web khusus yang sebagian besar dijalankan oleh para pembelot Korea Utara mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya menyebutkan Kim Jong-un sedang melalui proses pemulihan di sebuah vila di resor Gunung Kumgang. Dia telah melalui proses operasi pada 12 April lalu di sebuah rumah sakit di sana.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Menurut laporan tersebut seperti dilansir Al Jazeera, Kim memang diketahui memiliki kelebihan berat badan dan kesehatannya memburuk dalam beberapa bulan terakhir karena terlalu banyak merokok dan terlalu banyak bekerja.

"Pemahaman saya adalah bahwa dia telah berjuang karena masalah kardiovaskular sejak Agustus lalu, tetapi memburuk setelah melakukan kunjungan berulang ke Gunung Paektu," kata seorang sumber yang tak disebutkan namanya, dalam laporan Daily NK.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Kim dilarikan ke rumah sakit setelah memimpin pertemuan Politbiro Partai Buruh yang berkuasa pada 11 April lalu, dan menjadi acara publik besar yang dihadiri oleh Kim Jong-un sebelum akhirnya tak lagi muncul di hadapan publik termasuk pada saat peringatan hari pendiri Korut yang tak lain adalah kakeknya. Perdana Kim Jong-un absen pada acara besar negara Kiri tersebut.

Baca juga: Pertaruhan Uni Eropa Lawan Corona, Kalau Gagal 600 Juta Kerja Terpukul

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024