Hadapi Corona, Tenaga Medis Inggris Bakal Terima Bintang Tanda Jasa

Para tenaga medis Inggris disambut meriah warga
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Sebanyak lebih dari 10 ribu warga Inggris setujui petisi pemberian bintang tanda jasa kepada para staf tenaga medis (National Health Service /NHS) yang telah berjuang menghadapi pandemi corona. Adapun bintang tanda jasa yang dimaksud adalah medali The George Cross (GC).

Prof Tjandra: Ramai Kasus Depresi di Kalangan PPDS, Ini 5 Rekomendasi Tindak Lanjut Perlu Dilakukan

The George Cross merupakan penghargaan tertinggi kedua dari sistem penghormatan Inggris yang diberikan "untuk tindakan kepahlawanan terbesar atau untuk keberanian yang paling heroik dalam keadaan bahaya ekstrem menghadapi musuh non-militer".

Dan dukungan yang sama untuk pemberian medali George Cross kepada para NHS juga ditunjukan oleh para pemimpin militer dan barisan veteran pahlawan Inggris, seperti yang dilansir The Sun.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Baca juga: Ajaib, Tenaga Medis Sembuh dari Corona Walau Sempat Lumpuh

Seperti yang diungkapkan langsung mantan Kepala Angkatan Darat, Kolonel Richard Kemp dan eks pahlawan dalam perang Falklands, Simon Weston.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Staf NHS telah mengambil risiko. Banyak yang telah membahayakan nyawa mereka atau bahkan telah rela mengorbankan dirinya sendiri dalam pengabdian tugas terakhirnya,” ungkap Richard Kemp.

"Ketika kami dikirim ke konflik kami memiliki senjata. Staf NHS hanya memiliki rasa sejati untuk berbelas kasih serta profesionalisme mereka," tegas Simon Weston.

Baca juga: Corona jadi Aib China, 6 Tokoh Hilang Misterius dan Meninggal Dunia

Respons positif asal dorongan petisi tersebut juga datang langsung dari kalangan pemerintah. Juru bicara Perdana Menteri Inggris menuturkan bahwa pemerintah akan menghaturkan rasa terima kasih kepada staf NHS begitu krisis ini berakhir.

"Perdana Menteri dan tentunya juga kita semua telah jelas merasa berhutang budi kepada tenaga kerja NHS. Hati dan empati kami sama dengan siapa pun yang kehilangan orang yang dicintai karena virus corona termasuk para staf NHS,” jelas pernyataan tersebut.

"NHS melakukan pekerjaan yang fantastis dan negara ingin segera menemukan cara untuk mengucapkan terima kasih ketika kita telah mengalahkan virus ini," tegas juru bicara Perdana Menteri Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya