Wajib Dicoba, 5 Game Seru Cerdas Tema Hari Bumi dan Global Warming

Video game ‘Beyond Blue' turut tebarkan nuansa kampanye Hari Bumi
Sumber :
  • E-Line Media

VIVA – Masyarakat dunia hari ini, Selasa 22 April 2020 memperingati Hari Bumi. Sebuah momen guna kembali mengingatkan kita akan pentingnya menjaga seluruh aspek lingkungan hidup demi anak-cucu nantinya.

Top Trending: Poster Nobar Timnas Indonesia Dipenuhi Foto Pejabat, Jawaban Tak Terduga Seorang Anak

Dan kampanye untuk menyalakan semangat melindungi kelestarian bumi dan alam lingkungan hidup juga bisa dilakukan dengan cara-cara menarik.

Salah satu metode mendekatkan kampanye kelestarian bumi adalah dengan menggunakan media video games.

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Baca juga: Ajaib, Tenaga Medis Sembuh dari Corona Walau Sempat Lumpuh

Dilansir The Star, sejumlah permainan dalam video games saat ini diketahui memiliki konten bermaterikan ikut mengajak peduli akan kelestarian bumi.

Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

Beberapa konten games yang bernuansa menggugah akan pentingnya kepedulian akan ancaman “global warming”  kini pun sudah menggunakan teknologi virtual yang mengesankan seperti berikut ini:

Beyond Blue

Dalam games ini, pemain akan diajak mendapatkan pengalaman seru menyelami samudera sebagai ilmuwan kelautan masa depan. Berenanglah di lautan dekat sebagai penjelajah laut dalam.

Sebagai bagian dari kru peneliti, ada peluang untuk menggunakan teknologi mutakhir untuk memahami laut dan makhluk-makhluknya, membuat keputusan penting yang bisa menstimulus si pemain untuk berpikir luas.

Game ini dikembangkan dalam kemitraan dengan produser dokumenter Blue Planet II, BBC Studios. Sekarang tersedia pada iOS melalui Apple Arcade dan akan segera hadir juga di PlayStation 4, Xbox One dan Windows PC.

Littlewood

Permainan ini layaknya sebuah simulasi sebuah misi. Konflik besar telah diselesaikan dan perdamaian akhirnya bisa diwujudkan. Sekarang pembangunan kembali dimulai dari berperan sebagai penduduk desa.

Littlewood mungkin tidak terlalu mampu bisa mudah dimainkan oleh semua kalangan. Namun, WoMen in Science yang lebih baru layak untuk dicoba tetapi masih cukup awal untuk melihatnya dengan Early Access.

Secara umum, game ini menampilkan layaknya permainan sederhana yang serupa dengan Mario Bros. Tersedia untuk komputer PC, Mac dan Linux dengan edisi Nintendo Switch di masa datang.

Cities: Skylines + Green Cities DLC

Fakta bahwa lebih dari setengah populasi dunia tinggal di wilayah perkotaan, maka upaya pengembangan dan desain perkotaan sangat penting dalam menurunkan biaya hidup dan kebutuhan kita.

Cities: Skylines sudah fleksibel dan cukup canggih untuk memetakan perbaikan tata lingkungan di masa depan dengan mutakhir serta modern.

Perluasan area “Green City” membawa sejumlah bangunan, opsi kebijakan, dan skenario yang disesuaikan secara khusus dalam game tersebut. Kini game tersebut telah tersedia di PS4, XBO, PC, Mac dan Linux.

Minecraft + GlobalWarming

Sejatinya, game ini merupakan pengembangan dari Minecraft dengan ekosistem yang sepenuhnya disimulasikan sehingga berkisar dari penebangan kayu hingga pemerintah yang dikelola pemain.

Namun, hasil pengembangan tersebut menjadikan game ini pun kan turut memperhatikan aspek suhu global yang dipengaruhi oleh CO2 (diproduksi oleh tungku, diserap oleh anakan) dan metana (dipancarkan oleh hewan ketika dibunuh).

Tak cuma itu, game ini pun juga akan memberikan edukasi terkait efek naiknya permukaan laut, kebakaran hutan, cuaca buruk dan dampak nyata terhadap kesehatan tanaman, hewan dan manusia.

Plasticity

Ancaman nyata akan bahaya penggunaan bahan plastik dalam aktivitas kehidupan sehari-hari terus jadi sorotan para penggiat lingkungan hidup. Hal ini pula yang jadi pesan dan benang merah dari game Plasticity.

Game ini akan memberikan si pemain tantangan untuk membenahi keadaan kota yang telah rusak akibat bencana “banjir” plastik. Situasi terbengkalai, panas, dan krisis iklim yang tak terkendali jadi tantangan yang harus ditaklukan.

Dan sebuah ungkapan “kesalahan adalah bagian dari pembelajaran; yang penting adalah mengambil langkah selanjutnya untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik” merupakan jargon yang coba diusung game Plasticity.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya