Gagal Ciptakan Perdamaian, Menteri Unifikasi Korea Mengundurkan Diri

Perbatasan Korea
Sumber :

VIVA – Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menerima pengunduran diri Menteri Unifikasi, Kim Yeon-chul pada Jumat 19 Juni 2020. Kim sebelumnya telah mengajukan pengunduran diri sebagai bentuk tanggung jawab atas penurunan hubungan antara Seoul dan Pyongyang setelah Korea Utara meledakkan kantor penghubung Utara-Selatan di Kaesong.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

"Menyesal telah gagal memenuhi tuntutan dan harapan rakyat kami akan perdamaian dan kemakmuran di Semananjung Korea," ujar Kim, seperti dilansir Yonhap, beberapa waktu lalu.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Korsel, Kang Min-seok, Presiden Moon secara resmi menyetujui pengunduran diri Kim sekitar pukul 10.40 waktu setempat. Untuk penggantinya, Kang mengungkapkan, pihaknya belum bisa mengumumkannya dalam waktu dekat ini.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Wacana pengunduran diri Menteri Unifikasi bermula setelah Korut menghancurkan kantor penghubung Utara-Selatan di Kaesong pada 16 Juni 2020 dengan dalih Korsel mengirim selebaran propaganda di atas perbatasan. Langkah itu dilakukan tiga hari setelah saudara perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, mengancam akan melumpuhkan saluran komunikasi Utara-Selatan.

Setelah langka-langkah tersebut, Pyongyang mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan latihan militer di dekat daerah Zona Demiliterisasi Korea (DMZ), dengan maksud untuk memasuki kembali daerah perbatasan yang dilucuti setelah serangkaian perjanjian antar-Korea. 

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Tak lama setelah pengumuman, muncul laporan bahwa Korut telah mengirim pasukan ke beberapa pos jaga kosong di DMZ. Respons dari Korsel menyatakan ketegangan ini akan menimbulkan penyesalan yang kuat, dan memperingatkan Pyongyang untuk membayar harga yang sesuai jika tindakan militer nyata diambil.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024