Kebakaran Hutan, New South Wales Australia dalam Keadaan Darurat

Titik-titik api kebakaran hutan di New South Wales, Australia
Sumber :
  • Google maps

VIVA – Pemerintahan Australia menetapkan keadaan darurat untuk wilayah negara bagian Queensland dan New South Wales akibat bencana kebakaran hutan yang semakin meluas di wilayah timur negara tersebut, Senin 11 November 2019.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Dilansir dari Channel News Asia, kebakaran hutan di New South Wales utara (NSW) dan Queensland yang terjadi sejak Jumat sudah menewaskan tiga orang dan menghancurkan lebih dari 150 rumah.

Sementara itu, kota NSW dan kota terpadat di Australia, Sydney, menghadapi kondisi cuaca yang buruk. Temperatur udara mencapai lebih dari 34 derajat Celsius, dengan angin kencang dan kering.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Komisaris Dinas Kebakaran NSW, Shane Fitzsimmons, mengatakan, pihaknya menambah 50 mobil pemadam kebakaran dan 400 petugas kebakaran dari negara bagian tetangga Victoria untuk membantu memadamkan api.

Pihak berwenang memperkirakan kawasan NSW akan mengalami bencana kebakaran yang lebih besar pada Selasa.

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

"Besok adalah tentang melindungi kehidupan, memastikan setiap orang seaman mungkin dan melindungi properti," kata Perdana Menteri NSW, Gladys Berejiklian.
 
Otoritas NSW memperingatkan penduduk setempat yang berada di daerah-daerah yang dianggap paling berisiko untuk mengungsi.

Kebakaran hutan merupakan ancaman umum pada musim panas dan kering di Australia. Pada 2009, kebakaran hutan terburuk di Australia tercatat menewaskan 173 orang dan melukai 414 orang.

Sejumlah penumpang KM Bukit Raya yang masih bertahan di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Kamis 25 April 2024 malam.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Ribuan Calon Penumpang KM Bukit Raya Gagal Berangkat ke Surabaya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024