Logo ABC

Australia Benua Terpanas di Dunia, Pada 2019 Juga Paling Kering

Kebakaran semak di Australia di awal tahun 2020 terjadi di beberapa negara bagian.
Kebakaran semak di Australia di awal tahun 2020 terjadi di beberapa negara bagian.
Sumber :
  • abc

Bumi makin panas dan statistik sudah membuktikannya dengan Australia merupakan salah satu kawasan terpanas dan terkering di tahun 2019.

Suhu rerata dunia di tahun 2019 adalah 1.1 derajat Celcius di atas rata-rata tingkat pra industri Australia mengalami suhu paling panas dan paling kering di tahun 2019.

Suhu terpanas yang tercata dalam sejarah adalah di tahun 2016 ketika terjadi El Nino.

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan bahwa di tahun 2019, suhu bumi rata-rata mencapai rekor suhu tertinggi kedua dalam sejarah, dengan suhu panas tertinggi adalah di tahun 2016.

WMO lembaga yang berbasis di Jenewa (Swiss) tersebut mengumpulkan data dari berbagai pengukuran di dunia diantaranya dari data yang dikumpulkan Badan Angkasa Luar AS NASA dan Data dari Kantor Cuaca Inggris.

Menurut WMO, kita semua yang hidup di dunia ini untuk bersiap-siap menghadapi suhu udara yang lebih panas yang mengakibatkan bencana sepertii kebakaran semak yang terjadi di Australia.

Data yang disimpulkan WMO menunjukkan bahwa suhu global di tahun 2019 adalah 1.1 derajat Celcius di atas angka sebelum industri revolusi, angka yang dianggap sebagai angka yang aman.