Publik Kanada Terbelah, Sebagian Tolak Harry-Meghan karena Tabu

Pangeran Harry dan Meghan Markle.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Publik Kanada merespons rencana Pangeran Harry dan Meghan Markle setelah
mereka mengumumkan akan tinggal di negara di Amerika Utara itu pada saat menyatakan mundur dari anggota keluarga Kerajaan Inggris. Tahun ini akan menjadi masa transisi bagi Harry dan Meghan.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Pasangan paling populer di dunia yang sudah dikaruniai buah hati bernama Archie itu kemudian menjadi buah bibir lagi, tak hanya di Inggris namun juga di Kanada. Dua surat kabar besar di Kanada the Globe dan Mail menilai pasangan itu sepatutnya ditolak tinggal di Kanada.

Pasalnya status mereka yang masih anggota Kerajaan Inggris sekalipun sudah masa transisi disebut akan merepotkan bagi pemerintah dan orang Kanada sendiri. Diketahui bahwa biaya pengamanan Harry dan Meghan sempat menjadi perbincangan apabila mereka tinggal di Kanada nantinya.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Disebutkan bahwa tahun ini akan menjadi masa transisi bagi Harry dan Meghan, sebagian waktu akan mereka habiskan di Inggris namun juga akan paruh waktu menetap di Kanada tepatnya di rumah mewah mereka yakni sebuah mansion terpencil di pulau Vancouver, Kanada dilansir laman Mirror.

Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

The Globe dan Mail melalui kolomnya menyatakan bahwa sekalipun Harry dan Meghan mundur namun mereka akan tetap dianggap sebagai anggota kerajaan. Padahal tak sepatutnya ada figur yang tinggal di Kanada yang dianggap simbol monarki karena Kanada tak lagi langsung dibawahi dan berotonomi dari Inggris. Kanada saat ini ditekankan adalah negara demokrasi namun dengan sistem monarki parlementer.

"Negara ini adalah negara monarki yang unik. Anggota kerajaan menjadi penduduk di sini yang tak lain adalah pangeran di garis keenam suksesi adalah hal yang akan memberatkan bagi Kanada. Hal ini menjadi tabu konstitusional yang memang sebenarnya tak perlu dibicarakan," dituliskan dalam kolom tersebut.

Meghan Markle dan Pangeran Harry.

Sementara PM Kanada Justin Trudeau sebelumnya menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik Pangeran Harry dan Meghan bila ingin tinggal di negara itu. Namun Trudeau mengakui soal anggaran pembiayaan keamanan Duke dan Duchesse of Sussex itu perlu diskusi lebih lanjut.

"Saya rasa orang-orang Kanada akan memberi dukungan saat anggota kerajaan tinggal di sini namun memang mengenai biaya pengamanan dan lainnya masih harus dibahas lagi," kata Trudeau.

Meghan Markle sendiri saat ini sudah mulai menghabiskan waktunya di Kanada. Belum lama ini, dia tertangkap kamera menaiki helikopter dari pulau Vancouver dan mendatangi pusat penampungan perempuan di Kanada untuk berdialog dengan para staf dan perempuan yang ada di sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya