Logo BBC

Mengapa Kelelawar Kebal dari Penyakit Akibat Virus Corona?

Kelelawar kuping tikus berukuran besar memakan serangga saat terbang.-OLIVIER FARCY
Kelelawar kuping tikus berukuran besar memakan serangga saat terbang.-OLIVIER FARCY
Sumber :
  • bbc

Kode-kode genom kelelawar mengandung petunjuk genetis yang menunjukkan kelelawar memiliki "sistem kekebalan luar biasa" yang melindungi mereka dari virus-virus yang mematikan. Ilmuwan telah mendapatkan cetakan biru genetik dari enam spesies kelelawar di dunia.

Kode genetik hidup mereka mengandung petunjuk genetik atas "imunitas luar biasa" kelelawar, yang melindungi mereka dari virus-virus mematikan. Periset berharap menggunakan informasi tersebut untuk menguak rahasia bagaimana kelelawar bisa memiliki virus corona, namun tidak jatuh sakit.

Menurut mereka, ini mungkin bisa memberikan solusi guna membantu melindungi kesehatan manusia dalam pandemi kali ini dan di masa depan.

Profesor Emma Teeling dari University College Dublin mengatakan sekuens genom "istimewa" yang mereka temukan menunjukkan kelelawar mungkin memiliki "sistem kekebalan yang unik."

Memahami bagaimana kelelawar bisa menoleransi virus tanpa menjadi sakit dapat membantu mengembangkan perawatan pasien yang terkena beberapa virus seperti Covid-19.

"Jika kita dapat meniru respon kekebalan kelelawar terhadap virus, yang memungkinkan mereka menoleransi virus, maka kita dapat mendapatkan obat dari alam," katanya kepada BBC News.

"Sistem kekebalan tubuh telah berevolusi, kita tidak perlu menemukan ulang. Kini kita memiliki alat untuk memahami langkah-langkah yang perlu kita ambil; kita perlu mengembangkan obat-obatan untuk mendapatkannya."