Daftar Calon Kandidat Perdana Menteri Jepang, Pengganti Shinzo Abe

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengundurkan diri
Sumber :
  • Kyodo News

VIVA – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya karena masalah kesehatan. Abe mengakui kesehatannya menurun sekitar pertengahan bulan lalu dan tak ingin kondisinya mempengaruhi keputusan penting dalam pengambilan kebijakan.

Alasan Mengapa Pemakaman Mantan PM Jepang, Shinzo Abe Kontroversial

Baca: PM Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri karena Sakit

Pasca keputusan itu, muncul spekulasi siapa yang dapat menggantikan perdana menteri yang paling lama berkuasa di negara itu. Berikut ini beberapa prediksi kandidat perdana menteri pengganti Abe, dilansir dari Channel News Asia.

1. Taro Aso
Aso yang kini menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Keuangan, adalah anggota inti di pemerintahan Abe. Tanpa konsensus jelas tentang siapa yang harus menggantikan Abe, anggota parlemen dapat memilih Aso sebagai pemimpin sementara jika Abe mundur.

2. Shigeru Ishiba
Ishiba adalah mantan menteri pertahanan yang kerap mengkritik partai berkuasa Demokrat Liberal. Pria berusia 63 tahun itu sering menduduki puncak survei anggota parlemen dan dianggap pantas menjadi PM berikutnya.

Jepang Larang Pesawat Melintas di Area Pemakaman Shinzo Abe

Dia pernah mengalahkan Abe pada putaran pertama pilpres pada tahun 2012 berkat dukungan akar rumput, tetapi kalah di putaran kedua ketika hanya anggota parlemen yang dapat memberikan suara.

3. Fumio Kishida
Kishida menjabat sebagai menteri luar negeri di bawah kepemimpinan Abe pada tahun 2021-2017. Anggota parlemen rendah yang mewakili Hiroshima ini dipandang sebagai pengganti yang disukai Abe, namun peringkatnya rendah dalam survei pemilih.

4. Taro Kono
Menteri Pertahanan Taro Kono memiliki reputasi yang baik namun harus mengikuti kebijakan utama Abe, termasuk sikap tegas dalam perseteruan dengan Korea Selatan atas sejarah masa perang. Dididik di Universitas Georgetown dan penutur bahasa Inggris fasih, dia sebelumnya menjabat sebagai menlu dan menteri untuk reformasi administrasi.

5. Yoshihide Suga
Suga adalah seorang politisi dan letnan yang setia sejak masa jabatan Abe yang bermasalah sebagai perdana menteri pada 2006 dan 2007. Dia termasuk di antara sekutu yang mendorong Abe untuk mencalonkan diri lagi di posisi teratas pada tahun 2012.

Abe menunjuk Suga sebagai sekretaris kabinet yang bertindak sebagai juru bicara pemerintah, mengoordinasikan kebijakan dan menjaga birokrasi tetap sejalan.

6. Shinjiro Koizumi
Nama Koizumi yang kini menjabat sebagai menteri lingkungan dan putra mantan perdana menteri karismatik Junichiro Koizumi, sering disebut-sebut sebagai calon perdana menteri. Namun karena masih berusia 39 tahun, banyak yang menganggapnya terlalu muda.

7. Katsunobu Kato, Yasutoshi Nishimura
Sebagai menteri kesehatan, Kato yang berusia 64 tahun menjadi pusat perhatian pada awal wabah penyebaran virus corona di Jepang. Tapi kemudian Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura yang dulunya menjabat sebagai pejabat perdagangan, muncul sebagai orang penting dalam kebijakan penanganan virus.

8. Seiko Noda
Noda tidak merahasiakan keinginannya untuk menjadi perdana menteri wanita pertama Jepang. Sebagai kritikus pemerintahan Abe, mantan menteri dalam negeri yang juga memegang portofolio dalam perannya di bidang pemberdayaan perempuan, kurang mendapat dukungan dalam pencalonan pemimpin partai pada 2018 lalu. (ren)

Pembunuh PM Shinzo Abe,

Pengadilan Dikirimi Paket Aneh, Sidang Pembunuhan Eks PM Jepang Shinzo Abe Dibatalkan

Sidang praperadilan untuk pria yang dituduh membunuh mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe dibatalkan pada hari Senin, setelah benda mencurigakan dikirim ke pengadilan

img_title
VIVA.co.id
12 Juni 2023