Logo ABC

Apa yang Terjadi Jika Punya Masalah Diplomatik dengan China?

Norwegia adalah salah satu negara yang mengalami pembekuan hubungan diplomatik dengan China.
Norwegia adalah salah satu negara yang mengalami pembekuan hubungan diplomatik dengan China.
Sumber :
  • abc

Hubungan diplomatik antara negara sering mengalami pasang surut, seperti yang terjadi di sejumlah negara barat yang dilaporkan bersitegang dengan China.

Norwegia adalah salah satu negara yang pernah mengalami hubungan memanas dengan China, salah satu negara adi daya dunia.

Ketika Komite Nobel Norwegia menghadiahkan Nobel Perdamaian tahun 2010 kepada seorang pembangkang politik terkenal China, Lu Xiaobo, hubungan Norwegia dengan China langsung membeku.

Padahal Norwegia adalah negara Barat pertama yang mengakui China yang dipimpin Partai Komunis dan keduanya membangun hubungan diplomatik di tahun 1950.

Candles are placed around portraits of jailed Chinese pro-democracy activist Liu Xiaobo during a candlelight vigil. Liu Xiabo mendapat Nobel Perdamaian karena menyuarakan kebebasan berpendapat di China. (Reuters: Bobby Yip, file photo)

Namun ketika hadiah Nobel tersebut diberikan kepada Liu yang meninggal di tahun 2017, China menghentikan pembicaraan dagang dengan Norwegia dan membatasi ekspor sejumlah komoditi.

Kebekuan hubungan berlangsung selama enam tahun, sampai akhirnya hubungan pulih kembali di tahun 2016.

Sepuluh tahun kemudian di tahun 2020, Australia mengalami masalah yang sama dengan China, setelah Australia menyerukan adanya penyelidikan mengenai asal muasal virus COVID-19, yang pertama kali diketahui menyebar di kota Wuhan di China.

Apa dampaknya bagi Norwegia? Big pieces of Norwegian salmon are stacked on top of each other in a fridge at a supermarket. China membatasi impor salmon dari Norwegia, produk utama dari negara Skandinavia tersebut. (Flickr: BakiOguz)

Pertama, pejabat China pernah mengancam jika keputusan pemenang Nobel Perdamaian akan "berdampak buruk bagi hubungan China-Norwegia".