Logo DW

7 Kasus Pembunuhan Warga Kulit Hitam yang Guncangkan AS

picture-alliance/AP Photo/S. Walsh
picture-alliance/AP Photo/S. Walsh
Sumber :
  • dw

Kasus kematian George Floyd di tangan polisi pada tahun 2020 kembali membawa slogan Black Lives Matter ke tajuk utama berita, tidak hanya di Amerika Serikat namun juga seluruh dunia. Gerakan yang menuntut keadilan bagi warga kulit hitam yang termarjinalisasi ini memprotes perlakuan brutal dan diskriminasi rasial yang dinilai telah mendarah daging di sistem kepolisian AS.

Berikut sejumlah kasus pembunuhan terhadap warga kulit hitam AS yang menyita perhatian media dan masyarakat.

Trayvon Martin, 17

Pada 26 Februari 2012 malam, Trayvon Martin sedang berjalan pulang dari toko, ketika ditembak oleh George Zimmerman, sukarelawan pengawas lingkungan yang berpatroli di kawasan Twin Lakes di Sanford, Florida.

Zimmerman mengklaim telah menembak Martin yang tidak bersenjata sebagai bentuk pertahanan diri setelah terjadinya pertengkaran fisik. Martin yang mengenakan penutup kepala dinilai mencurigakan dan berbahaya. Tidak ada saksi mata atas penembakan itu, dan polisi tidak menangkap Zimmerman yang mengaku bertindak membela diri.

Pada 11 April 2012, Zimmerman didakwa pembunuhan tingkat dua. Dia mengaku tidak bersalah dan kasusnya disidangkan pada Juni 2013. Namun akhirnya tanggal 13 Juli, Zimmerman dinyatakan tidak bersalah. Dibebaskannya Zimmerman menjadi awal mula munculnya gerakan “black lives matter” di media sosial.

Eric Garner, 43