Kaca Pembatas Cegah COVID-19 di Debat Capres AS Disingkirkan

Debat terakhir Capres AS, Donald Trump Vs Joe Biden
Sumber :
  • Andrew Nelles / The Tennessean

VIVA – Plexiglass atau kaca penghalang yang dipasang diantara tempat debat pamungkas calon presiden Amerika Serikat 2020, sebagai upaya mencegah penyebaran virus telah dicopot. Acara debat terakhir Capres AS ini bertempat di Universitas Belmont di Nashville, Tennesse, Kamis malam waktu setempat.

Kemlu Pastikan Tidak Ada Korban WNI dalam Insiden Jembatan Ambruk di Baltimore

Dilansir USAToday, penghalang pelindung antara tempat capres petahana dari Partai Republik, Donald Trump dan penantangnya calon dari Partai Demokrat, Joe Biden akan berdiri pada debat presiden malam ini ditiadakan.

Baca: Debat Terakhir, Mikrofon Trump dan Biden Akan Dilengkapi Tombol Mute

Via Telepon, Biden Beri Ucapan Selamat Langsung ke Prabowo sebagai Presiden Terpilih

Pada Kamis pagi, penghalang Plexiglass terlihat di antara podium. Tapi pada Kamis sore, setelah kedua kandidat meninjau ruang debat, penghalang tersebut dihilangkan.

Biden dinyatakan negatif COVID-19 pada Kamis pagi. Dia mengikuti tes COVID-19 di Delaware sebelum bertolak ke Nashville untuk persiapan debat.

Hasil Pemilu 2024 Resmi Diumumkan KPU, Joe Biden Tepati Janji Telepon Prabowo

"Wakil Presiden Biden menjalani pengujian PCR untuk COVID-19 hari ini dan COVID-19 tidak terdeteksi," kata kampanye tersebut.

Trump juga dinyatakan negatif pada hari Kamis, kepala stafnya Mark Meadows mengkonfirmasi Trump yang sempat diisolasi karena terinfeksi virus, kini sudah negatif.

"Kami mengujinya dalam perjalanan ke sini (di pesawat) dan hasilnya negatif," kata Meadows.

Sebelumnya, Capres dari Partai Demokrat Joe Biden mengatakan bahwa pada debat kedua yang dijadwalkan pekan ini dengan Donald Trump tidak boleh terjadi apabila Trump masih terinfeksi COVID-19.

Biden mengatakan debat hanya boleh digelar dengan penerapan pedoman kesehatan yang ketat. Dia juga menyebut wabah virus Corona membuat Trump dan pejabat Gedung Putih lainnya telah terinfeksi adalah masalah yang sangat serius. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya